Pesisir Selatan Gelar Festival Mandeh 4-7 Mei

id Festival, Mandeh

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menggelar Festival Pesona Mandeh pada 4-7 Mei 2017 dengan target pengunjung mencapai hingga 20.000 orang.

"Target tersebut kami tetapkan berdasarkan jenis kegiatan selama festival hingga pertimbangan popularitas Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) yang terus meningkat," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, Zefnihan di Painan, Rabu.

Ia menyebutkan penyelenggaraan Festival Pesona Mandeh merupakan kegiatan Kementerian Pariwisata dalam rangka mengenalkan objek wisata itu baik pada tingkat nasional hingga mancanegara.

Zefnihan mengatakan Festival Pesona Mandeh dimeriahkan dengan berbagai kegiatan mulai dari Festival Rakyat hingga Festival Bahari.

Festival Rakyat dimeriahkan dengan lomba memasak yang akan diramaikan oleh masyarakat di Kecamatan Koto XI Tarusan, kesenian tradisional, hingga acara hiburan oleh artis ibu kota.

Seterusnya Festival Bahari dimeriahkan dengan berbagai perlombaan di antaranya lomba foto bawah laut, perahu hias dan berlayar di Kawasan Mandeh.

Festival Pesona Mandeh 2017 merupakan yang pertama dan sesuai rencana akan dibuka oleh pejabat Kementerian Pariwisata.

Kegiatan akan dipusatkan di Dermaga Carocok Tarusan, untuk menyemarakkan kegiatan pada malam pembukaan ratusan kembang api akan dinyalakan.

Anggota DPRD setempat, Marwan Anas mendorong Festival Pesona Mandeh tidak hanya kegiatan seremonial belaka namun kemeriahannya mampu memacu instansi terkait bekerja keras mendongkrak kepariwisataan Pesisir Selatan.

"Mudah-mudahan dengan Festival Pesona Mandeh bisa meningkatkan popularitas Kawasan Mandeh dan tentu juga sejalan dengan meningkatnya kunjungan wisatawan," katanya. (*)