Rabu, 20 September 2017 - 29 Zulhijjah 1438 H

Operasi Patuh Polres Sawahlunto Turunkan 33 Personel Gabungan

Ilustrasi, polisi. (Antara)
Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Sawahlunto, Sumatera Barat, siap melaksanakan Operasi Patuh dengan sandi Singgalang 2017, kata Wakapolres Sawahlunto Kompol Frangky M Monathen SIK.

"Kami melibatkan sebanyak 33 petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP serta beberapa pihak terkait lain," kata dia di Sawahlunto, Selasa.

Menurutnya, sesuai arahan dari Kepala Korlantas Mabes Polri Irjen pol Royke Lumowa, pihaknya sudah memerintahkan seluruh petugas yang terlibat agar menjalankan operasi sesuai standar operasional prosedur yang ada.

Hal itu, lanjutnya, bertujuan guna menjaga kualitas pelaksanaan operasi demi terciptanya situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas yang mantap tanpa menimbulkan keberatan dari masyarakat.

"Yang terpenting adalah setiap petugas harus mampu mengedepankan prinsip pelayanan yang humanis dan menghindari praktik pungutan liar dalam setiap penindakan yang dilakukan," tegasnya.

Dia menambahkan pada pelaksanaan operasi kali ini pihaknya menitikberatkan pada kelengkapan standar keamanan berkendara bagi pengemudi sesuai jenis kendaraan yang digunakan.

Selain itu, lanjutnya, kelalaian para pengguna jalan yang dapat membahayakan pengguna jalan lainnya juga mendapat perhatian khusus pihaknya dalam upaya menekan risiko kecelakaan khususnya di kawasan tertib berlalu lintas dan ruas jalan negara yang melintasi daerah itu.

"Meskipun jumlah kasus kecelakaan di jalan raya terbilang kecil di kota ini namun kondisi tersebut tidak membuat kami lalai dalam berupaya menyosialisasikan setiap bentuk pelanggaran, sanksi dan potensi kerugian yang timbul kepada masyarakat luas," kata dia.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas Polri menyelenggarakan Operasi Patuh 2017 secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, 9-22 Mei 2017.

"Dalam menciptakan kondisi lalu lintas yang kondusif jelang persiapan pengamanan Ramadhan dan Idul Fitri, dilaksanakan Operasi Patuh 2017 selama 14 hari mulai hari ini pukul 00.00 hingga 22 Mei 2017 pukul 24.00, secara serentak di seluruh Indonesia," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa dalam apel gelar pasukan Operasi Patuh 2017 di Jakarta, Selasa. (*)




Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga