Pemkab Minta Kader PKK Bentuk Karakter Keluarga

id PKK

Pemkab Minta Kader PKK Bentuk Karakter Keluarga

Wakil Ketua TP PKK Sumbar Ny Anita Ali Asmar didampingi Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dan Ketua TP PKK Tanah Datar Ny Emi Irdinansyah disambut Tari Pasambahan sebelum membuka Jambore PKK Berprestasi di Bumi Perkemahan Pagaruyung, Kamis (11/5). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat mendorong para kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dapat membentuk dan menerapkan pendidikan berkarakter dalam keluarganya.

"Seluruh kader PKK hendaknya meningkatkan pengetahuan bagaimana cara mendidik anak dengan baik, anak yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia, karena anak adalah masa depan bangsa yang akan menjadi pemimpin masa depan," kata Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi saat membuka Jambore PKK Berprestasi di Bumi Perkemahan Pagaruyung, Kamis.

Ia menyebutkan kader PKK hendaknya juga mendidik anak-anaknya dengan baik, mengawasi mereka agar jangan sampai terjerumus kepada perbuatan negatif yang akan merusak masa depannya.

Disamping itu, Pemkab Tanah Datar mendorong kader PKK untuk terus berkarya, karena kegiatannya terbukti membantu kelancaran pembangunan daerah.

"Pemerintah daerah selalu memberikan dukungan kegiatan kader PKK, karena keberadaannya cukup penting dalam menyejahteraan keluarga," katanya.

Ia mengharapkan agar kader PKK selalu menyukseskan kegiatan 10 program PKK dan meningkatkan koordinasi dan komunikasi sesama kader melalui kegiatan seperti Jambore PKK Berprestasi ini.

Bupati juga mengharapkan para camat dan wali nagari tetap melakukan pembinaan para kader PKK, menyisihkan anggaran dalam nagari untuk kegiatan PKK.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumbar, Ny. Anita Ali Asmar mengatakan kegiatan Jambore PKK ini merupakan wahana untuk mempererat hubungan silaturahim antara kader sekaligus menyatukan komitmen untuk meningkatkan kualitas keluarganya.

"Keluarga merupakan pilar utama bangsa, tanpa keluarga yang berkualitas sangat sulit akan terwujud sebuah bangsa yang kuat dan sejahtera," katanya.

Ia menyebutkan TP PKK yang dimotori oleh kader ini mempunyai peran sentral dalam membentuk dan merawat serta membina keluarga sebagai pondasi utama bangsa.

"Tugas pemberdayaan bukan hanya tugas pemerintah semata, akan tetapi juga merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh komponen masyarakat," katanya.

Ketua TP PKK Tanah Datar, Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi mengatakan sebanyak 480 orang mengikuti Jambore PKK Berprestasi ini yang berlangsung pada 11 - 13 Mei 2017.

Ia menyampaikan kader PKK se-Tanah Datar menyatakan siap mendukung setiap program pemerintah daerah setempat.

"Selama ini kader PKK dari setiap tingkatan telah banyak berbuat untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga yang selaras dengan kegiatan pemerintah daerah," katanya. (*)