Kemenpan RB Periksa Pelayanan Publik Polresta Padang

id Kemenpan RB, Polresta Padang, Pelayanan Publik

Kemenpan RB Periksa Pelayanan Publik Polresta Padang

Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evakuasi Pelayanan Publik Wilayah 1 Kemenpan RB, Syafrudin didampingi Kasat Lantas Polresta PAdang Kompol Asril Prasetya memeriksa pelayanan SIM Polresta Padang, Senin (15/5). Salah satu yang dikunjungi adalah ruangan ujian teori menggunakan sistem komputer. (ANTARA SUMBAR / Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antara Sumbar) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memeriksa sistem pelayanan publik yang dilakukan Polresta Padang, Sumatera Barat guna memastikan kualitas pelayanan yang diterima masyarakat.

"Pemeriksaan ini dilakukan secara rutin untuk menjaga kualitas pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat," kata Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evakuasi Pelayanan Publik Wilayah 1 Kemenpan RB, Syafrudin di Padang, Senin.

Menurutnya ada beberapa pelayanan publik yang diperiksa yakni pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan pelayanan Integreted Quicks Respon (IQR).

Ia mengapresiasi sistem yang telah dipraktikkan oleh Polresta Padang dalam memberikan layanan publik. Mulai dari pelayanan pembuatan SIM yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan baik secara praktik maupun teori.

"Saya juga berinteraksi dengan pemohon SIM di sini tentang sistem layanan yang diberikan, sejauh ini semua berjalan baik," ujarnya.

Selain itu ia juga mengapresiasi ruangan khusus ibu menyusui di lokasi layanan pembuatan SIM di Mapolresta Kota Padang.

"Kami telah memeriksa seluruh layanan publik yang dilakukan di Mapolresta Padang, terutama dengan pelayanan IQR tentu akan mempermudah masyarakat untuk memperoleh layanan kepolisian melalui sistem daring," katanya.

Selain itu, Syarifudin menilai masih ada sarana dan prasarana di ruangan pelayanan SIM Polresta Padang yang perlu di benahi.

Namun, tambahnya itu semua perlu waktu akan tetapi pelayanan SIM Polresta Padang sudah berubah dari kunjungan pertama yang dilakukan oleh Menpan RB sendiri.

Sementara, Kasat Lantas Polresta Padang Kompol Asril Prasetya menjelaskan untuk sarana dan prasarana sendiri memang belum sempurna namun pihaknya tetap melakukan perubahan menuju arah yang lebih baik.

"Kunjungan tim dari Kemenpan RB ini bertujuan melakukan pemeriksaan layanan pembuatan SIM yang kami berikan, sejauh ini tim terlihat puas dengan pelayanan SIM Polresta Padang, " katanya. (*)