Legislator Sumbar Dorong Seluruh SMA/SMK UNBK 2018

id UNBK

Legislator Sumbar Dorong Seluruh SMA/SMK UNBK 2018

Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Anggota Komisi V DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Syaiful Ardi mendorong seluruh SMA dan SMK di provinsi itu agar mempersiapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 mulai dari sekarang.

"Persiapan UNBK untuk 2018 hendaknya dimulai dari sekarang agar ketika mendekati waktu pelaksanaan ujian sekolah tidak kesulitan seperti tahun ini," katanya di Padang, Selasa.

Jika sudah dipersiapkan dari sekarang, sebutnya maka ketika penyelenggaraan 2018 nanti permasalahan-permasalahan yang muncul dapat diminimalisasi.

Untuk itu, ia mendorong sekolah dan pemerintah provinsi mempersiapkan hal itu mulai dari sekarang seperti pengadaan komputer dan penganggaran yang bisa didapat dari dinas pendidikan.

"Semuanya harus aktif, mulai dari sekolah, dinas pendidikan dan jika bisa orang tua yang mampu secara ekonomi juga dapat berpartisipasi membantu menyumbang ke sekolah," tambahnya.

Kemudian ia menilai pelaksanaan UNBK 2017 pemprov cenderung memaksakan penyelenggaraannya karena ada banyak sarana dan prasarana di sekolah yang tidak mencukupi sehingga harus membagi siswa untuk ujian menjadi beberapa sesi.

"Hendaknya jangan ada pembagian sesi untuk menghindari kemungkinan adanya kecurangan," kata dia.

Sebelumnya Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hamid Muhammad, menyebutkan pelaksanaan UNBK untuk jenjang SMA ditingkatkan menjadi 100 persen.

"Tahun depan, kami menargetkan pelaksanaan UNBK mencapai 100 persen," ujarnya.

Hamid menambahkan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, terutama mengenai pembagian sumber daya.

"Terutama untuk SMA dan SMK yang tak mempunyai komputer lengkap," katanya. (*)