Menteri-PUPR Pastikan Perbaikan Jalan Rampung Jelang Mudik

id Basuki Hadimoeljono, Menteri PUPR

Menteri-PUPR Pastikan Perbaikan Jalan Rampung Jelang Mudik

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono (tengah) saat meninjau industri manufaktur di Padang. ( ANTARA SUMBAR/ Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antara Sumbar) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono memastikan perbaikan jalan di Tanah Air rampung 100 persen jelang Mudik Lebaran 2017 berdasarkan hasil pemantauan pada awal Mei.

"Ada dua jalan yang biasanya dipakai untuk mudik, yaitu jalan nasional dan jalan tol dan 60 persen pemudik berasal dari Jakarta dengan tujuan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," katanya di Padang, Selasa.

Ia mengatakan untuk jalan nasional sudah siap 100 persen dan pada awal Juni akan mengecek kesiapan jalan tol untuk menyambut mudik.

Khusus untuk jalan tol Trans Jawa yang pintu keluarnya tidak lagi di exit Brebes belajar dari kejadian mudik sebelumnya yang menyebabkan kemacetan, kata dia.

"Dari exit Brebes hingga exit Batang nantinya akan disiapkan enam akses keluar yakni dua ke arah Utara dan empat ke Selatan, seperti Slawi dan Purwokerto ," lanjut dia.

Selain itu untuk jalan keluar juga akan melewati Pekalongan, Tegal dan Batang sehingga lebih panjang dalam rangka memperbanyak alternatif rekayasa lalu lintas.

Ia mengatakan jalan tol sudah sampai Weleri kemudian, Semarang, Salatiga, Solo, Mojokerto hingga Surabaya sudah bisa dilalui.

Basuki mengatakan untuk perbaikan jalan tol masih dikebut dan akan dimaksimalkan hingga H-10 Lebaran 2017.

"Kalau target selesai 100 persen 2018, tapi untuk mudik tahun ini kita upayakan semaksimal mungkin," ujar dia. (*)