Lantamal: Hari Kebangkitan Nasional Momen Renungkan Toleransi

id Upacara Harkitnas

Lantamal: Hari Kebangkitan Nasional Momen Renungkan Toleransi

Menaikkan bendera merah putih pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2017, di Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (22/5). (cc)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Kolonel Marinir Lasmono, mengimbau agar peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 109 pada 2017, dijadikan momen untuk merenungkan toleransi berbangsa.

"Momen ini agar jadi renungan untuk kembali toleransi dalam berbangsa. Untuk memperkuat kesatuan," katanya usai memimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional di Padang, Senin.

Ia mengajak agar keberagaman suku dan agama yang ada di Indonesia, tidak dijadikan penyebab perselisihan antar sesama.

"Pada momen kebangkitan nasional kita kembali melakukan penyadaran untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya.

Ia menyebutkan salah satu sikap yang perlu dilakukan adalah saling menghargai sesama. Baik lintas agama ataupun suku.

"Dengan keragaman kita sama-sama berbuat, berkarya, sesuai dengan bidang masing-masing untuk meraih prestasi dalam persaingan global," tegasnya.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan sejarah singkat berdirinya Boedi Oetomo, yang dinilai ampuh menyatukan dan menyemangati gerak sebagai bangsa.

Upacara tersebut digelar di Markas Komando Pangkalan Utama (Lantamal) II Padang, diikuti oleh para Asisten Danlantamal II, para Kadis/Kasatker, Perwira, Bintara, Tamtama, serta ASN Lantamal II Padang.

Marinir Lasmono menjadi pemimpin upacara dengan membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informastika RI (Menkominfo RI). (*)