Wawako: Gerakan PKK Pariaman Lakukan Evaluasi Berkala

id Genius Umar, PKK, Pariaman

Pariaman, (Antara Sumbar) - Wakil Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar, mengatakan Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat perlu melakukan evaluasi secara berkala sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kota itu.

"Perlu dilakukan evaluasi oleh TP PKK, baik tingkat kota, kecamatan serta desa atau kelurahan secara berkala," katanya di Pariaman, Senin.

Ia menjelaskan evaluasi TP PKK diperlukan agar setiap program yang dilaksanakan tersebut dapat sejalan dengan visi dan misi pemerintah Kota Pariaman sehingga dapat mendukung program pemerintah daerah.

Selain itu, katanya evaluasi juga perlu dilakukan pada Kelompok Dasawisma sehingga kegiatan yang dilaksanakaan tidak hanya berupa seremonial, melainkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup.

"Kegiatan TP PKK dan Kelompok Dasawiswa hendaknya juga dilaksanakan sebagai bentuk dukungan program pemerintah kota dan sesuai dengan yang telah diamanatkan," katanya.

Ia menyebutkan TP PKK Kota Pariaman merupakan peraih Juara I untuk Kelompok Dasawisma Berprestasi 2017 dalam perlombaan TP PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Prestasi tersebut diraih oleh Astuti yang merupakan Ketua Kelompok Dasawisma Desa Marunggi, Kecamatan Pariaman Selatan.

Selain itu, ujarnya TP PKK Kota Pariaman juga meraih Juara I untuk Lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS) dan Juara III untuk Lomba PKK Keluarga Berencana (KB) Kes.

"Saat ini masih ada beberapa hasil perlombaan yang belum keluar untuk tingkat provinsi dan kami masih menunggu," ujarnya.

Setiap prestasi yang dicapai tersebut katanya, harus dapat menjadi salah satu bahan evaluasi untuk memajukan TP PKK setempat ke depannya. (*)