Aburizal: Golkar Bantu Pemerintah Ciptakan Kehidupan Damai

id Aburizal Bakie

Aburizal: Golkar Bantu Pemerintah Ciptakan Kehidupan Damai

Aburizal Bakrie. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie menegaskan Partai Golkar harus membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam menjalankan program-program pemerintah until mewujudkan kehidupan masyarakat damai dan stabil.

"Pada proses pilkada DKI memunculkan situasi panas, tapi alhamdulillah saat ini sudah berlalu," kata Aburizal Bakrie di lokasi Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Partai Golkar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa.

Menurut Aburizal, dalam kehiduan masyarakat di Indonesia, juga kadang-kadang muncul gerakan sparatis seperti di Papua dan saat ini di Minahasa, Sulawesi.

Gerakan sparatis di Minahasa ini, kata dia, memang masih kecil, tapi jika tidak segera diantisipasi maka akan berkembang dan semakin sulit diatasi.

"Apalagi kalau sudah ada dukungan dari asing," katanya.

Menurut Aburizal, Indonesia sebagai negara demokrasi yang menegakkan supremasi hukum, agar menyikapinya secara persuasif tapi dengan komitmen NKRI (negara kesatuan Republik Indonesia) harga mati.

Aburizal juga menilai, masih banyak masalah-masalah lain dalam kehidupan masyarakat yang perlu mendapat perhatian.

"Partai Golkar agar membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk turut menciptakan kehidupan masyarakat yang damai dan stabil," katanya.

Mantan Menko Kesra pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ink melihat, pemicu persoalan yang terjadi dalam kehidupan masyakat adalah faktor kesenjangan sosial.

Salah satu solusi untuk memperbaiki kesenjangan sosial, menurut dia, adalah dengan menggalakkan program keluarga berencana (KB).

"Kalau pertumbuhan penduduk terus tinggi, maka sulit mengatasi kesenjangan. Sebaliknya, jika pertumbuhan penduduk dapat ditekan dan dibarengi dengan perbaikan pendidikan dan kesehatan, maka kesenjangan dapat diatasi," katanya. (*)