Bulog Dorong Kemudahan Pemenuhan Pangan Lewat RPK

id Bulog

Bulog Dorong Kemudahan Pemenuhan Pangan Lewat RPK

Ilustrasi - Beras Bulog. (Antara)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Perum Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional Kota Bukittinggi, Sumatera Barat mendorong pemenuhan kebutuhan pangan pokok warga lewat program Rumah Pangan Kita (RPK).

Kepala Bulog Sub Divre Bukittinggi, Sultani dikonfirmasi di Bukittinggi, Selasa mengatakan RPK adalah sebuah outlet kecil milik masyarakat yang merupakan bagian dari jaringan pemasaran pangan pokok di bawah binaan Bulog.

Melalui RPK, Bulog mendistribusikan bahan pangan pokok seperti beras, gula dan minyak goreng dengan harga jual ditentukan oleh Bulog di bawah harga pasar.

Ia menerangkan keberadaan RPK dapat memberi keuntungan membangkitkan usaha kecil masyarakat, menjaga kestabilan harga pangan pokok dan memberikan layanan pemenuhan kebutuhan pangan.

Di Bukittinggi saat ini sudah terdapat sebanyak lima unit RPK yang berada di tiga kecamatan setempat.

"Idealnya ada satu unit RPK untuk melayani 200 rumah tangga. Karena ini program baru, belum banyak masyarakat yang kenal sehingga kami perlu sosialisasi lagi," katanya.

Untuk bergabung dengan RPK, Sultani mengatakan warga dapat datang ke kantor Bulog dan tidak dikenai persyaratan yang memberatkan.

"Selain ruang kecil di rumah yang akan dijadikan sebagai outlet, ada syarat administrasi yang harus dipenuhi bagi perorangan, toko maupun koperasi atau perusahaan yang ingin bergabung sebagai mitra Bulog melalui RPK,"

Persyaratan tersebut di antaranya kartu identitas, surat keterangan domisili, formulir permohonan RPK yang disediakan Bulog, surat keterangan kelurahan dan SIUP serta NPWP bagi koperasi atau perusahaan.

"Diharapkan RPK dapat memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok sehari-hari dan ke depannya akan diupayakan agar di RPK juga tersedia bawang merah dan cabai merah yang juga termasuk bahan pokok kebutuhan sehari-sehari," katanya. (*)