Harga Pangan di Pasaman Barat Masih Stabil

id pangan

Harga Pangan di Pasaman Barat Masih Stabil

Pedagang cabai (ilustasi).

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Menjelang bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah, harga pangan dan kebutuhan pokok di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) masih stabil.

"Benar, dari hasil inspeksi mendadak yang kita lakukan harga pangan dan kebutuhan pokok masih stabil belum ada tanda-tanda yang mengkhawatirkan," kata Pelaksana Tugas Dinas Pangan Pasaman Barat, Halman di Simpang Empat, Jumat.

Ia menambahkan harga pangan dan kebutuhan pokok jelang Ramadhan akan terus dipantau sehingga pedagang tidak seenaknya menaikkan harga yang memberatkan masyarakat.

Salah satu yang dilakukan oleh Pemkab Pasaman Barat adalah dengan melakukan inspeksi mendadak kesejumlah pasar tradisional.

Dari hasil sidak tersebut petugas belum menemukan hal yang mengkhawatirkan tentang ketersedian sembako dan pangan di Pasaman Barat. Dari segi pasokan dan harga sebagian besar sembako di Pasaman Barat masih terbilang stabil dan normal.

Menurutnya stok sejumlah kebutuhan pokok seperti bawang merah dan cabe merah terbilang melimpah dari hari biasanya karena adanya panen serentak di sejumlah daerah.

Pihaknya berjanji akan terus melakukan pemantauan stok dan harga kebutuhan pokok dan pangan di Pasaman Barat.

Ia tidak memungkiri pada momen tertentu biasanya ada oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan monopoli sehingga memicu terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok dan tidak meratanya stok di seluruh daerah.

Pihaknya mengimbau masyarakat teliti dalam membeli semua jenis pangan. Selain itu masyarakat diminta melaporkan apabila melihat ada oknum yang melakukan penimbunan yang memicu terjadi kenaikan harga.

"Jika memang ditemukan maka kami berjanji akan mengambil tindakan tegas. Jangan rugikan masyarakat," tegasnya. (*)