Pasar Daging Dadakan Bermunculan di Padang

id Penjual daging dadakan

Pasar Daging Dadakan Bermunculan di Padang

Penjual daging dadakan yang muncul jelang puasa Ramadhan. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Sejumlah pasar daging sapi dadakan bermunculan di Kota Padang, Sumatera Barat menjelang masuk bulan suci Ramadhan 1438 Hijriyah/2017 Masehi ini.

Pasar daging ini tersebar di tepi-tepi jalan di kawasan Pauh, Kuranji, Kalawi, Anduring, Andaleh, Parak Gadang, dan Lubuk Begalung.

Dari pantauan, Jumat, masyarakat terlihat memenuhi setiap pasar dadakan untuk membeli daging sapi yang biasanya digunakan untuk membuat rendang saat menjelang puasa.

Salah satu pedagang sapi dadakan di Kuranji, Bayu (30) mengatakan, pasar daging sapi dadakan ini terdiri atas beberapa pedagang yang secara bersama atau individu menjualnya.

Dia mengaku sudah tiga hari membuka anjungan di tepi jalan Kuranji dan sudah tiga ekor sapi yang disembelih.

Terkait harga, sebut dia, tetap sama dengan di pasar yakni Rp120.000 per kilogram.

"Tujuan membuka jualan ini untuk memudahkan masyarakat membeli daging mengingat puasa sudah dekat," ujarnya.

Pedagang lain Alan di Kalawi mengaku menjual daging secara musiman, artinya saat hari tertentu seperti menjelang Ramadhan, dan ketika hendak Lebaran.

Menurut laki-laki paruh baya yang biasa bertani itu, tujuan berjualan daging untuk dua hal, yakni persiapan Ramadhan dan membantu masyarakat mendapatkan daging.

"Biasanya pasar penuh dan persediaan kadang habis ini bisa membantu," sebut dia.

Dia mengaku membuka dagangan pada satu atau dua hari menjelang Ramadhan.

Berbicara pendapatan sebutnya, dia mengaku mendapat lebih dari Rp1 juta.

Salah satu pembeli di pasar daging dadakan Abdul Rahman mengatakan secara keuntungan untuk pembeli yakni tidak perlu jauh ke pasar.

Abdul yang berdomisili di Kuranji mengaku keberadaan pasar daging lebih mudah.

Di Padang kata dia sudah jadi kebiasaan masyarakat membuat rendang sebelum puasa itulah sebabnya diperlukan persediaan daging sapi yang banyak.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal mengatakan baik daging sapi dan kebutuhan pokok lainnya saat Ramadhan hingga lebaran diupayakan harganya stabil.

Salah satu upaya yang akan dilakukan yakni meningkatkan koordinasi pedagang, distribusi dan produsen. (*)