150 Personel Polres Solok Selatan Amankan 'Balimau'

id polisi

150 Personel Polres Solok Selatan Amankan 'Balimau'

Ilustrasi - Polisi. (Antara)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Polres Solok Selatan, Sumatera Barat mengerahkan sebanyak 150 personelnya untuk pengamanan pelaksanaan tradisi 'Balimau' yang diadakan warga di sejumlah tempat.

"Setiap titik jumlah personel yang ditempatkan berbeda tergantung tingkat keramaiannya, dan kami memperkirakan 21 titik keramaian ada saat "balimau" di tujuh kecamatan," kata Kapolres Solok Selatan AKBP M Nurdin melalui Kepala Bagian Operasi Kompol Benu Alam, di Padang Aro, Jumat.

Dia menjelaskan, pengamanan yang dilakukan bertujuan untuk menjaga warga yang melaksanakan balimau, barang-baarang bawaannya, tempatnya serta kegiatan itu sendiri.

"Pengamanan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman pada masyarakat yang balimau dan jangan sampai terjadi kecelakaan atau musibah seperti tenggelan maupun hanyut," katanya.

Selain itu ujarnya, juga ada tim patroli polisi guna menjaga kamtibmas.

Sedangkan objek yang diberi pengamanan oleh polisi yaitu Irigasi Balun, Timbulun Ulu Suliti, Sapan Balun, Wisata Tubing, Irigasi Mudiak Lolo.

Selanjutnya Sungai Ujung Jalan, air terjun Tangsi Ampek di kebun teh Mitra Kerinci, Pulau Asmara, sungai di Bariang dan Lubuak Gadang, lekok, air terjun kembar, valoe agro.

Seterusnya Pulau Batang Sangir depan MAS Lubuak Malako, Bidar Alam, jembatan layang Sungai Kunyit, jembatan Kapalo Koto Abai, jembatan Sitapus dan belakang masjid raya Ranah Pantai Cermin.

Selain itu katanya, supaya umat muslim khitmat menjalankan ibadah puasa pihaknya saat bulan Ramadhan sudah melakukan operasi cipta kondisi dengan datang ke pasar dan menyita petasan.

"Kita juga akan melaksanakan patroli saat shalat tarawih," katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bujang Basri mengatakan untuk daerah Abai dan Ujung Jalan prosesi balimaunya dilakukan secara adat dengan menampilkan kesenian lokal.

Di Ujung Jalan katanya, juga akan ditampilkan kesenian jawa serta panjat pinang untuk memeriahkannya. (*)