Sebahagian Besar Warga Rawang Memilih di Rumah

id banjir padang

Sebahagian Besar Warga Rawang Memilih di Rumah

Warga mengevakuasi barang-barang akibat rumah tergenang banjir. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Sebahagian besar warga terdampak banjir di kawasan Rawang, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) memilih tetap di rumah masing-masing meski kediamannya sudah digenangi air selama kurang lebih enam jam.

"Kami sudah menyerukan untuk evakuasi, namun warga memilih untuk tetap di rumah," kata Komandan Regu B Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, Dalton di Padang, Rabu.

Perahu karet milik BPBD telah dioperasikan di lokasi banjir sejak Rabu pagi sekitar pulul 02.30 WIB.

Karena banyak warga yang memilih bertahan di rumah, terhitung pihak BPBD hanya mengevakuasi sekitar 30 orang.

"Karena hal tersebut perahu kami siagakan menjadi alat transport mengantar warga yang ingin ke luar, ataupun sebaliknya," tambahnya.

Ia menyebutkan pada Rawang disiagakan sebanyak empat personel BPBD.

Selain itu evakuasi juga dibantu oleh dua perahu karet milik Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan II Padang, sebanyak dua unit.

Sementara warga yang mengungsi diarahkan menuju Gedung Kantor dan Operasional Stasiun Meteorologi Maritim Teluk Bayur BMKG.

Gedung kantor operasional BMKG itu telah difungsikan sejak Rabu,pukul 02.00 WIB, sebagai tempat pengungsian sementara.

Hingga pukul 08.30 WIB, hujan masih mengguyuri daerah Rawang yang mulai tergenang air sejak pukul 02.00 WIB itu.

Ketinggian air di lokasi tampak belum surut. Dimana jalan kawasan itu digenangi air dengan ketinggian satu meter setengah. Sementara di dalam rumah warga sekitar satu meter.

Diperkirakan sekitar 580 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir di daerah tersebut. Hal itu mengacu pada banjir di lokasi yang sama Minggu (21/5), namun dengan intensitas hujan lebih rendah.

Kelurahan Rawang adalah daerah dengan genangan air cukup tinggi, dari seiumlah titik genangan yang di Padang. Genangan disebabkan hujan yang mengguyuri daerah itu sejak Rabu diniharii. (*)