Pemkot Padang Segera Benahi Kawasan Rawan Banjir

id Mahyeldi Ansharullah

Pemkot Padang Segera Benahi Kawasan Rawan Banjir

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat segera melakukan pembenahan kawasan rawan banjir melalui operasi yang akan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

"Untuk tahap awal kita minta DPU melakukan evaluasi terhadap seluruh penyebab banjir, baik drainase primer, sekunder maupun aliran sungai," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah di Padang, Kamis.

Menurutnya setelah melakukan evaluasi, DPU akan melakukan pembersihan sedimen pada lokasi-lokasi yang menjadi penyebab banjir.

"Kalau untuk pembersihan bisa dilakukan melalui operasi secara cepat," kata dia.

Namun untuk perbaikan drainase yang menjadi penyebab banjir, tentu akan membutuhkan biaya besar.

"Anggaran itu nanti akan kita masukkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah( APBD) perubahan, nilainya akan ditentukan dari hasil evaluasi DPU tersebut," katanya.

Sedangkan untuk normalisasi sungai, pihaknya akan memasukkan dalam APBD 2018. Selain itu nanti akan dibantu oleh APBD dari provinsi dan pusat.

"Waktu banjir kemarin Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit juga turun langsung, kita berharap ada anggaran provinsi yang bisa digunakan untuk melakukan normalisasi sungai-sungai yang mulai dangkal," kata dia.

Wali Kota juga berencana membangun tempat penampungan air pada wilayah rendah seperti Rawang, Mata Air di Kecamatan Padang Selatan.

"Tujuannya ketika air datang dari daerah Solok tidak memasuki permukiman warga, namun bisa mengalir ke dalam tempat penampungan," ujar dia.

Ia berharap masyarakat bisa terlibat dalam pencegahan terjadinya banjir dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Selain itu masyarakat setempat diminta untuk aktif melakukan gotong royong membersihkan saluran air di wilayah mereka.

"Apabila langkah itu berjalan sesuai rencana maka beberapa tahun mendatang kota ini bisa bebas banjir," harap dia. (*)