Unand Fasilitasi Kelas Khusus S3 bagi Dosen Kopertis-X

id Unand, Kopertis-X

Unand Fasilitasi Kelas Khusus S3 bagi Dosen Kopertis-X

Unand.

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat akan memfasilitasi pembukaan kelas khusus program Doktor atau S3 bagi dosen yang mengajar di kampus di bawah Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X.

"Kami siap membuka kelas khusus bila ada dosen Kopertis yang berminat melanjutkan studi ke Unand," kata Wakil Rektor I Unand Prof Dachriyanus, saat berdiskusi dengan yayasan dan pengelola kampus di bawah pengawasan Kopertis, di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan saat ini ada 10 program studi (prodi) yang membuka penerimaan mahasiswa baru S3 di Unand tahun ini yakni Biomedik, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Hukum, Peternakan, Ilmu Pertanian, Studi Pembangunan, Ilmu Ekonomi, Teknik Mesin, dan Farmasi.

Sebagian besar pada program studi tersebut memiliki dosen yang berkualifikasi tinggi dengan pengalaman riset yang banyak.

Beberapa prodi juga mampu menampung kelas khusus dengan catatan bisa melengkapi mahasiswa hingga 5 orang atau 15 orang.

Bahkan untuk prodi Keperawatan atas kerja sama dengan Universitas Indonesia akan memfasilitasi sistem kuliah telekonferensi.

"Semua bergantung pada kampus dan Kopertis untuk mendaftarkan atau tidak dosennya di Unand," kata dia.

Dia menjamin mahasiswa baru S3 yang masuk Unand akan bisa lulus dengan standar kualifikasi mumpuni.

Terlebih pada tahun ini pihaknya akan menyamakan kalender S2 dan S3 dengan akademik S1 termasuk pemasukan nilai.

Dalam hal ini ujar dia, sistem akan memberi sanksi terhadap pelanggaran pada ketentuan yang telah ditetapkan.

Sementara itu Koordinator Kopertis X Prof Herri mengimbau kepada yayasan dan pimpinan kampus swasta untuk segera mendaftarkan dosen yang masih berpendidikan S2 untuk melanjutkan studi ke Unand.

"Ini sebuah kesempatan bagi dosen untuk melanjutkan studi sesuai kualifikasinya," ujar dia.

Meskipun demikian dia berharap bila telah kuliah di Unand dapat kembali mengabdi kepada kampusnya dan ikut meningkatkan kualitasnya. (*)