Butuh Bantuan Kesehatan Saat Mudik? Hubungi 119

id Mudik, Bantuan Kesehatan

Butuh Bantuan Kesehatan Saat Mudik? Hubungi 119

(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/ama/16)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Pemerintah menyediakan saluran informasi dengan nomor 119 yang dapat dihubungi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran untuk bantuan layanan apabila terjadi gangguan kesehatan.

"Seluruh dinkes kabupaten dan kota harus sudah terintegrasi melalui nomor 119 dengan pemerintah pusat. Nomor itu yang akan membantu pemudik yang mengalami masalah kesehatan," kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Kementerian Kesehatan telah meminta seluruh dinas kesehatan di kabupaten/kota agar mengintegrasikan nomor 119 melalui "Public Safety Center" (PSC) saat mudik sebagai upaya penanggulangan masalah kesehatan pada mudik Lebaran 2017.

Pada praktiknya PSC yang ada di setiap Dinkes kabupaten/kota telah berintegrasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan terdekat sehingga penanganan dapat segera dilakukan.

Nomor layanan medis tersebut dapat diakses 24 jam oleh masyarakat dan terintegrasi langsung dengan fasilitas kesehatan di tiap daerah.

Bambang meminta agar pemerintah daerah melalui dinas kesehatan setempat untuk menyosialisasikan informasi layanan medis tersebut kepada masyarakat.

"Layanan tersebut masih perlu disosialisasikan. Tidak semua pemudik mengetahui layanan ini. Selain itu ketika ada kecelakaan mohon pihak dinkes mendatanya untuk dijadikan bahan evaluasi," tambah Bambang.

Kementerian Kesehatan juga telah bekerja sama dengan kepolisian dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) agar mempermudah akses pelayanan kesehatan, khususnya dalam penanganan pasien di tengah kemacetan. (*)