Harga Cabai Merah Pasar Raya Padang Turun

id Cabai

Harga Cabai Merah Pasar Raya Padang Turun

Cabai. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Harga cabai merah di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengalami penurunan terhitung sekitar dua pekan terakhir.

"Penurunan sudah terjadi sejak awal-awal puasa lalu, sampai sekarang belum naik lagi," kata salah seorang pedagang cabai Prihanto (33), di Padang, Senin.

Ia memaparkan penurunan harga tersebut untuk dua jenis cabai yang dijual di Pasar Raya Padang, yaitu cabai lokal, dan cabai yang dipasok dari luar Sumbar.

Dimana untuk cabai lokal saat ini seharga Rp12.000-Rp18.000 per kilogram, setelah sebelumnya di kisaran Rp24.000 per kilogram.

Sementara cabai yang dipasok dari luar dijual seharga Rp14.000-Rp.16.000 per kilogram, sebelumnya berada di kisaran Rp28.000 per kilogram.

Meskipun demikian, kedua cabai tersebut sama-sama sempat mengalami kenaikan sebelum memasuki Ramadhan dengan harga mencapai Rp40.000 per kilogram.

"Memang sempat mencapai harga Rp40.000 per kilogram sebelum bulan puasa, namun perlahan terus berangsur turun sampai saat ini," kata Prihanto.

Pedagang lainnya Mukhtar (38), mengatakan terjadi peningkatan penjualan sejak harga menurun seminggu terakhir.

Sementara pembeli Sri Mela (36), menyebutkan penurunan harga cabai itu meringankan pengeluaran biaya rumah tangga nya.

"Sejak harga tinggi biaya pengeluaran juga tambah besar, sementara cabai adalah kebutuhan karena untuk sambal tak bisa lepas dari itu," katanya.

Ia berharap jika pemerintah melakukan upaya menstabilkan harga, jangan sampai jauh melambung dari harga sekarang. (*)