Jangkau Wilayah Pinggiran, Dharmasraya Upayakan Pengadaan Mobil Layanan KTP-e Keliling

id e-KTP, Dharmasraya

Jangkau Wilayah Pinggiran, Dharmasraya Upayakan Pengadaan Mobil Layanan KTP-e Keliling

(FOTO ANTARA/Rahmad)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, pada 2018 akan mengupayakan pengadaan mobil pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e) keliling untuk mempermudah dan mempercepat pelayan kepada masyarakat.

"Ini juga untuk menjangkau pelayanan administrasi kependudukan di wilayah pinggiran," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Dharmasraya, Netty Helma di Pulau Punjung, Selasa.

Menurutnya pihaknya akan memasukan usulan anggaran pengadaan mobil layanan keliling ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 sebesar Rp900 juta.

"Rencana ini akan kami usulkan kembali dalam perencanaan APBD 2018, sebab pada 2017 sempat diusulkan namun belum disetujui tim anggaran," ujarnya.

Menurutnya fokus layanan mobil KTP-e keliling lebih pada penanganan masyarakat di nagari (desa adat) yang selama ini kesulitan mengakses kantor Disdukcapil berlokasi di pusat ibu kota.

Misalnya, masyarakat di Kecamatan Asam Jujuhan dan Kecamatan IX Koto yang harus menempuh jarak dua sampai tiga jam menuju kantor Disdukcapil di Pulau Punjung.

"Terlebih lagi peralatan perekaman KTP-e di berapa kecamatan saat ini sudah tidak dapat fungsikan sebagai mana mestinya," ungkapnya.

Ia menilai selama ini persoalan tersebut masih menjadi kendala bagi masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan.

"Kalau ada nagari yang jauh, kami dapat bawa mobil ke sana dan melaksanakan pelayanan sampai dengan pencetakan, artinya pelayanan bisa langsung diselesaikan di mobil keliling tanpa harus ke kantor," ujarnya.

Ia menambahkan Disdukcapil terus menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya data kependudukan dan proses pengurusan administrasi juga dipermudah sehingga partisipasi masyarakat meningkat.

"Sosialisasi terus kami laksanakan ke daerah yang berbeda, bahkan dengan peralatan seadanya kami sudah menerapkan layanan keliling. Dan juga pelayan satu hari selesai," ujarnya. (*)