Pemkab Pasaman Memaksimalkan Operasional Pasar Modern

id Yusuf Lubis, Pasaman, Pasar Modern

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, memaksimalkan operasional sejumlah pasar modern di daerah ini sehingga pembangunan yang telah dilakukan beberapa waktu lalu tidak sia-sia.

"Pemanfaatan pasar modern oleh pedagang dan masyarakat saat ini memang kurang maksimal sehingga perlu dilakukan upaya intensif dalam memperbaiki hal ini," kata Bupati Pasaman, Yusuf Lubis di Lubuk Sikaping, Selasa.

Ia mencontohkan adanya pasar modern di daerah Tapus, Pasar Ladang Panjang, dan Padang Gelugur yang tidak beroperasi disebabkan lokasi yang berdekatan dengan pasar tradisional.

Berdasarkan survei di lapangan, ia menjelaskan pokok permasalahan tidak beroperasinya pasar modern karena lokasi yang berdekatan dengan pasar tradisional serta hari beroperasi kedua pasar yang sama.

"Ke depan pasar modern yang berdekatan dengan pasar tradisional jadwalnya harus berbeda," ujar dia.

Selain itu, keberadaan pasar tradisional yang berdekatan dengan pasar modern menyebabkan pedagang tidak mau mengisi atau pindah berjualan ke pasar tersebut.

"Kami telah membangun pasar modern bertingkat, namun pedagang tidak mau naik disebabkan ketakutan mengalami penurunan omset atau bahkan tidak laku," katanya.

Sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan, katanya, ia meminta Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja setempat, camat serta pihak terkait lainnya untuk bekerja sama dan berdiskusi dengan para pedagang agar pasar modern dapat digunakan.

"Jika perlu, jadwal operasional tiap-tiap pasar harus diatur agar tidak bentrok sehingga pasar di sebelah selatan dan utara yang telah dibangun dapat digunakan semestinya," ujarnya.

Ia menyampaikan saat ini tidak perlu dilakukan upaya-upaya perluasan pasar termasuk adanya wacana pelaksanaan di pasar-pasar bagian barat, sebab hal itu dapat memicu semakin terbengkalainya pasar modern.

"Saat ini hanya perlu fokus pada pengembangan yang telah dibangun tersebut," katanya.

Pengembangan itu termasuk penataan pasar, baik dari segi ketertiban, disiplin serta kebersihan sehingga pasar tersebut nyaman dan ramai dikunjungi masyarakat.

Kemudian untuk pasar-pasar yang belum diresmikan di antaranya Pasar Ladang Panjang yang belum menuntaskan administrasi, ia meminta agar hal itu dapat diselesaikan secepatnya sehingga dapat terwujud pembukaan pasar-pasar modern lainnya.

Sementara itu Iyen (45) salah seorang pedagang di Pasar tradisional Padang Gantiang Kecamatan Tigo Nagari, berharap pemerintah daerah melakukan penataan pasar yang baik.

"Kami berharap pasar ditata dengan baik, persoalan becek atau genangan air saat musim hujan dapat diatasi," ujarnya. (*)