Pariaman Budayakan Hafal Al Quran Melalui Lomba Tahfiz

id lomba tahfiz

Pariaman Budayakan Hafal Al Quran Melalui Lomba Tahfiz

Seorang peserta membaca ayat suci Al Quran pada Lomba Tahfiz yang diselengarakan oleh Pemerintah Kota Pariaman, Rabu (14/6). Pemerintah Kota Pariaman membudayakan hafal Al Quran kepada generasi muda melalui lomba tahfiz tingkat sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. (Antara Sumbar/Aadiaat M. S)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat membudayakan hafal Al Quran kepada generasi muda kota itu melalui lomba tahfiz tingkat sekolah dasar (SD).

"Kita ingin semua generasi muda Kota Pariaman menjadi hafiz Al Quran," kata Kepala Seksi Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Pemuda setempat, Yurnal di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut selain menjalankan program maghrib mengaji pihaknya juga menyelenggarakan lomba tahfiz agar muncul minat generasi muda untuk membaca dan menghafal Al Quran.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini maka generasi muda berlomba-lomba menghafal Al Quran," katanya.

Ia menyatakan lomba tersebut baru pertama kali diselenggarakan dan ke depan akan lebih dikembangkan lagi seperti menambah jumlah peserta.

Peserta pada lomba kali ini yaitu sebanyak 78 orang atau masing-masing SD dan Madrasah Ibtidaiyah di kota itu mengirimkan satu utusanya.

Pemenang akan mendapatkan tropi serta uang tunai senilai Rp500 ribu untuk juara I, Rp400 ribu untuk juara II, dan Rp300 ribu untuk juara III.

Selain bertujuan membudayakan hafal Al Quran pihaknya juga mempersiapkan siswa untuk menghadapi Musabaqah Tilawatil Quran ke-37 tingkat provinsi yang akan diselenggarakan pada tahun ini yang mana kota itu menjadi tuan rumah.

"Karena itu lomba tahfiz ini kita masukkan ke dalam materi pada Pesantren Ramadhan yang berlangsung sejak 9 Juni lalu," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang peserta asal SD Negeri 01 Balai Naras, Raqil Pernanda (11) mengatakan dirinya senang mengikuti lomba tersebut karena apa yang ia hafal selama ini dapat tersalurkan.

Ia mengatakan hafalan ayat suci yang ia sampaikan yaitu Al-Maun dan Al-Alaq yang dihafalnya usai shalat maghrib. (*)