BPBD Pasaman Imbau Pemudik Waspadai Daerah Rawan

id Maspet Kenedi

BPBD Pasaman Imbau Pemudik Waspadai Daerah Rawan

Kepala BPBD Pasaman, Maspet Kenedi. (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat mengimbau para pemudik agar waspada saat melintasi daerah rawan bencana, terutama ketika hujan turun deras.

"Ada beberapa jalan atau jalur yang perlu diwaspadai pemudik seperti daerah Rimbo Panti, Panti Duo Koto, Rimbo Malampah, dan Jalur Bonjol-Lubuk Sikaping," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Maspet Kenedi di Lubuk Sikaping, Kamis.

Ia mengatakan jalur tersebut merupakan daerah rawan dan langganan bencana alam seperti longsor, banjir dan pohon tumbang.

Kabupaten Pasaman ujar dia, merupakan salah satu wilayah yang masuk ke dalam rawan bencana seperti Kabupaten Mentawai, dan daerah di sepanjang wilayah Pesisir Pantai Barat.

"Kabupaten Pasaman berada pada jalur Bukit Barisan, bencana alam seperti longsor dan pohon tumbang memang sudah menjadi langganan, namun personel selalu siap mewaspadainya," kata dia.

Untuk mengamankan dan mewaspadai kondisi itu ujar dia, pihaknya akan menyiagakan puluhan personel Tim Reaksi Cepat (TRC). Selain itu ujarnya, BPBD setempat juga menyediakan beberapa alat berat.

"Selain alat berat kita juga menyiagakan perahu karet, motor trail, dan beberapa unit mobil rescue guna mendukung kinerja personel TRC," ujarnya.

Ia menyebutkan pihaknya juga akan melakukan koordinasi langsung dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat agar membantu menyediakan dan menyiagakan alat berat di titik rawan bencana alam.

Sementara itu Kapolres setempat AKBP Reko Indro Sasongko mengatakan Kabupaten Pasaman merupakan jalur utama perlintasan Pulau Sumatera yang memang kerap terjadi bencana alam seperti longsor dan pohon tumbang.

"Pemudik perlu meningkatkan kewaspadaan, terutama beberapa jalur yang diinformasikan pihak BPBD, namun pihak kepolisian siap membantu pengamanan di sejumlah titik," ujar dia. (*)