Bank Mandiri Terbitkan Obligasi PUB Tahap II Rp6 Triliun

id bank

Bank Mandiri Terbitkan Obligasi PUB Tahap II Rp6 Triliun

Bank Mandiri. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Bank Mandiri menerbitkan surat utang dalam skema Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) I Tahap II 2017 senilai Rp6 triliun guna membiayai ekspansi kredit perseroan.

"Dari nilai tersebut, kami menerbitkan obligasi tanpa kupon atau 'zero coupon bond' sebesar Rp1 triliun sebagai bagian dari Inisiatif untuk mendiversifikasi instrumen pembiayaan perseroan," kata SVP Treasury Bank Mandiri Farida Thamrin di Jakarta, Jumat.

Farida memastikan penerbitan surat utang tersebut menjadikan Mandiri sebagai bank pertama di Indonesia yang menerbitkan obligasi tanpa kupon.

Dalam proses bookbuilding, perseroan menerima permintaan hingga Rp8,92 triliun atau kelebihan permintaan (oversubscribed) 1,79 kali dari target indikatif awal Rp5 triliun.

Dalam aksi korporasi ini, Bank Mandiri menunjuk lima perusahaan penjamin emisi yakni Mandiri Sekuritas, Bahana Sekuritas, BCA Sekuritas, BNI Sekuritas dan Danareksa Sekuritas.

Obligasi berkelanjutan I tahap II ini diterbitkan dalam dua jenis instrumen yaitu Coupon Bond dan Zero Coupon Bond.

Untuk Coupon Bond, Bank Mandiri menerbitkan Seri A 5 tahun dengan kupon 8 persen, Seri B 7 tahun dengan kupon 8,5 persen dan Seri C 10 tahun dengan kupon 8,65 persen.

Sedangkan untuk Zero Coupon Bond, Bank Mandiri menerbitkan Seri D 3 tahun dengan yield (imbal hasil) sebesar 7,8 persen.

PUB I Tahap II Tahun 2017 ini telah resmi dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 16 Juni 2016.

Pada 2016, perseroan telah menerbitkan obligasi sebesar Rp5 triliun melalui Penawaran umum Berkelanjutan (PUB) I Tahap I.

Secara keseluruhan, target penerbitan obligasi melalui PUB I adalah sebesar Rp14 triliun yang akan dilakukan dalam kurun waktu 2016-2018. (*)