Polda Sumbar Turunkan 2.954 Personel Amankan Lebaran

id Fakhrizal

Polda Sumbar Turunkan 2.954 Personel Amankan Lebaran

Kapolda Sumbar Brigjen Pol Fakhrizal. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat menurunkan sebanyak 2.954 personel untuk mengamankan lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah dalam Operasi Ramadnia 2017.

"Seluruh personel itu akan ditempatkan pada 101 titik pos pengamanan arus mudik dan arus balik yang tersebar di wilayah Sumbar," kata Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal di Padang, Senin.

Menurut dia seluruh personel tersebut terdiri dari kepolisian sejajaran Polda Sumbar, TNI, Dishub, Damkar, PMI, Pramuka dan Senkom Mitra Polri. Mereka akan bertugas melakukan pengamanan di posko yang telah ditetapkan.

Ia mengatakan dalam pengamanan arus mudik dan arus balik ini yang menjadi perhatian adalah kondisi lalu lintas.

Seperti jalur Padang-Bukittinggi yang selalu macet panjang pada libur lebaran tahun-tahun sebelumnya.

"Kita berharap personel di lapangan bisa mengurai kemacetan yang ada," kata dia

Selain itu pihaknya juga fokus terhadap titik rawan longsor dan rawan kecelakaan. Pihaknya juga telah melakukan antisipasi dengan menempatkan alat berat di lokasi rawan longsor.

Sedangkan untuk daerah rawan kecelakaan pihaknya telah menempatkan petugas yang nantinya bertugas mengatur lalu lintas serta memperbanyak spanduk imbauan kepada masyarakat bahwa daerah ini merupakan daerah rawan kecelakaan.

"Kami imbau kepada para pemudik agar selalu berhati-hati dalam berkendara, apabila lelah hendaknya beristirahat terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan," kata dia

Sementara Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan pihaknya telah mempersiapkan alat berat di lokasi-lokasi yang menjadi daerah rawan longsor.

"Apabila terjadi longsor langsung akan dilakukan evakuasi secara cepat sehingga tidak menghambat jalan para pemudik," katanya. (*)