Lebaran, KAI Sumbar Siapkan 4.488 Tiket Wisata Padang-Pariaman

id Kereta Api, Tiket Wisata, Sumbar

Lebaran, KAI Sumbar Siapkan 4.488 Tiket Wisata Padang-Pariaman

(ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

Padang, (Antara Sumbar) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Sumatera Barat menyiapkan 4.488 lembar tiket kereta api wisata yang melayani rute Kota Padang ke Kota Pariaman dan sebaliknya setiap harinya.

"Kereta wisata angkutan lebaran ini akan dimulai pada 26 Juni hingga 9 Juli 2017," kata Humas PT KAI Divre II Sumbar Zainir di Padang, Selasa.

Menurut dia, dari seluruh tiket tersebut jumlah kursi yang disediakan sebanyak 2.992 kursi, sisanya 50 persen dari angka itu para penumpang akan berdiri.

"Seluruh penumpang akan dilayani oleh empat unit kereta api 'Sibinuang', dua unit berangkat dari Padang dan dua unit berangkat dari Kota Pariaman," katanya.

Ia mengatakan untuk mendapatkan tiket, para penumpang dapat membeli di stasiun- stasiun yang ada.

"Penumpang harus membeli tiket sebelum keberangkatan, harga tiket tidak mengalami kenaikan yakni Rp5.000 per tiket," ujarnya.

Untuk mengantisipasi aksi calo, pihaknya membuat kebijakan setiap orang hanya diperbolehkan membeli sebanyak empat lembar tiket saja.

Terkait jadwal keberangkatan dari Kota Padang pada hari biasa kereta api berangkat pada pukul 06.45, sedangkan saat lebaran kereta berangkat pukul 07.30 WIB.

Sedangkan kereta yang berangkat dari Kota Pariaman kereta akan berangkat pukul 06.35. Pada hari biasa kereta berangkat dari kota itu pukul 06.05 WIB.

"Untuk jadwal lainnya masih seperti biasa. untuk jarak tempuh kereta api dari Kota Padang menuju Kota Pariaman selama 1 jam 37 menit," katanya.

Ia mengimbau bagi masyarakat yang ingin ke Pariaman sebaiknya menggunakan angkutan lain. Karena penggunaan kereta api saat lebaran diperkirakan akan ramai.

"Kita tidak boleh menambah kuota penumpang selain dari yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan, sehingga penumpang yang bisa diangkut sesuai dengan kuota" kata dia.

Selain kereta api wisata Padang menuju Pariaman, PT KAI Divre II Sumbar juga menyediakan kereta wisata dengan rute Kayu Tanam menuju Lubuk Alung.

"Hanya ada satu unit kereta perintis KA Lembah Anai yang mengangkut penumpang setiap harinya," ujarnya. (*)