Padang Jamin Keamanan Wisata dari Premanisme

id Pantai Padang, Objek Wisata, Premanisme

Padang Jamin Keamanan Wisata dari Premanisme

Pantai Padang, Sumater Barat. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat menjamin keamanan pariwisata di beberapa lokasi dari tindakan pemalakan dan premanisme pada libur hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Khususnya di pantai dan areal parkir koordinasi pengawasan akan lebih ditingkatkan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang, Medi Iswandi di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan koordinasi ini dilakukan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, Polisi Pamong Praja, Kepolisian, TNI dan masyarakat untuk mengawasi tindakan pemalakan tersebut.

Khusus di areal parkir tempat wisata yang perlu diwaspadai yakni kenaikan tarif di luar ketentuan, biasa dilakukan oleh oknum tukang parkir.

Di samping itu adanya tindakan premanisme yang dilakukan oknum warga, pengamen hingga jasa wisata lainnya yang memaksa pengunjung.

Dalam mengantisipasi hal tersebut kata dia pihaknya berkoordinasi dengan keamanan mengawasi di lokasi wisata, seperti tim keamanan wisata yang selalu berpatroli setiap saat.

Dia menambahkan pemalakan ini dinilai sulit dideteksi karena tidak mudah membedakan antara oknum dan pengunjung biasa.

Untuk itu dia mengimbau wisatawan untuk melapor langsung kepada pemerintah, setelah adanya laporan pihaknya akan segera melakukan tindakan.

Pengamanan terhadap tindakan premanisme ini penting, mengingat pada libur lebaran perputaran uang cukup cepat karena banyak warga yang tinggal di luar Padang pulang kampung.

"Tentu saja hal ini juga berpotensi mengundang tindak kejahatan dan kriminal," ujarnya.

Sementara itu salah satu warga yang biasa berkunjung ke Pantai Padang, Masnaini (41) mengatakan pengamanan tempat wisata saat libur khususnya lebaran harus ketat.

Sebab, ujarnya selain premanisme atau pemalakan , kasus pencopetan sering terjadi termasuk menaikkan harga makanan dan jasa wisata.

Dia berharap hal ini tidak terjadi pada liburan lebaran mendatang. (*)