6.784 Pemudik Tiba di BIM Pada H-5

id BIM

6.784 Pemudik Tiba di BIM Pada H-5

Aktivitas di BIM, Padangpariaman. (Antara)

Padangpariaman, (Antara Sumbar) - Sebanyak 6.784 pemudik tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman, Sumatera Barat pada 20 Juni 2017 atau H-5 Idul Fitri 1438 Hijriah diangkut oleh 35 penerbangan.

"Jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar tujuh persen dibandingkan periode yang sama pada H-5 2016 yang saat itu jumlah pemudik mencapai 7.317 orang," kata Human Capital and General Affairs PT Angkasa Pura II BIM Fendrik di Padangpariaman, Rabu.

Ia menambahkan dari 35 penerbangan tersebut empat diantaranya merupakan penerbangan tambahan dan ada satu penerbangan khusus.

Sementara dibandingkan sehari sebelumnya pada H-6 atau 19 Juni 2017 jumlah pemudik yang tiba di Bandara Internasional Minangkabau mencapai 6.406 orang menggunakan 33 penerbangan.

Ia mengemukakan puncak arus kedatangan penumpang diperkirakan akan terjadi pada H-3 atau 22 Juni 2017.

Sementara, arus keberangkatan penumpang dari BIM tetap tinggi pada H-5 mencapai 4.421 orang dengan 38 penerbangan dan pada H-6 sebanyak 4.293 orang dengan 35 penerbangan.

Sebelumnya Airport Duty Officer BIM Suparman memastikan semua fasilitas bandara telah siap melayani pemudik serta menyiapkan personel yang memiliki kemampuan khusus terkait pelayanan dan operasional bandara menyambut arus mudik yang aktif 24 jam.

Untuk memberikan rasa aman pada penumpang mulai hari ini PT Angkasa Pura II membentuk posko keamanan dan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan baik pihak kesehatan, polisi dan maskapai, kata dia.

Kepada pemudik yang baru datang ia mengingatkan agar menggunakan angkutan resmi bandara baik taksi, bus dan jangan memakai angkutan yang tidak jelas untuk menghindari tindak kejahatan.

Terkait dengan kondisi cuaca ia mengatakan pihak Bandara senantiasa berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika untuk mendapatkan informasi cuaca terbaru.

Sementara Distrik Sales Manager Citilink Padang, Sugiarto menyebutkan pihaknya menyiapkan penerbangan tambahan untuk rute Jakarta-Padang mulai 16 Juni sampai 2 Juli 2017 dengan jam keberangkatan pada 11.00 WIB.

Semua pesawat juga telah mengalami pemeriksaan yang lebih baik dan dipastikan laik terbang, ujar dia. (*)