Polres Padang Panjang Imbau Pengendara Waspadai Daerah Rawan Macet

id Cepi Noval

Polres Padang Panjang Imbau Pengendara Waspadai Daerah Rawan Macet

Kapolres Padang Panjang, AKBP Cepi Noval. (ANTARA SUMBAR)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Kepala Kepolisian Resor Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, AKBP Cepi Noval meminta pengendara untuk waspada ketika melintas di sejumlah daerah rawan kemacetan dan kecelakaan agar terhindar dari bahaya.

"Di wilayah hukum Polres Padang Panjang ada beberapa titik rawan kemacetan dan kecelakaan, maka tingkatkan kewaspadaan dalam berkendara supaya terhindar dari musibah kecelakaan lalu lintas," kata dia Padang Panjang, Rabu.

Ia mengatakan sejumlah titik rawan macet dan kecelakaan itu yakni di Koto Baru Kecamatan X Koto, Lembah Anai, Singgalang Kariang, Simpang Mifan dan Sate Mak Syukur .

"Daerah tersebut di atas harus diwaspadai oleh pengendara bermotor, untuk meminimalkan kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Untuk menghindari kemacetan yang kerap terjadi di sepanjang jalan lintas Sumatera Padang-Bukittinggi yang melintasi Padang Panjang dapat mempergunakan jalur alternatif.

"Jalinsum Padang-Bukittinggi ada sejumlah jalan alternatif seperti, Jalur Kota Pariaman yang melintasi Lubukbasung dan jalan Sicincin Malalak yang tembus di Padang Luar.

Sedangkan untuk lokasi Padang Panjang jalan alternatif bisa melewati Nagari Singgalang dan Nagari Koto Laweh yang tembus di Pandai Sikek," katanya.

Selain di sejumlah titik rawan macet itu, untuk mengantispasi kemacetan dan kecelakaan Polres Padang Panjang juga sudah mendirikan Pos Pengamanan menjelang arus mudik hingga arus balik.

Untuk Padang Panjang katanya, ada dua titik yakni Pos Pelayanan Simpang MTSN Ganting dan Pos Pengamanan Rumah makan Pak Datuk Kelurahan Silaing Bawah.

"Sedangkan untuk wilayah Tanah Datar bagian barat yang juga termasuk wilayah hukum Polres Padang Panjang ada tiga titik seperti, Pos Pam Lembah Anai, Koto Baru Kecamatan X Koto dan Kubu Kerambil Kecamatan Batipuh," ujarnya.

Polres Padang Panjang menurunkan sebanyak 250 personel tim gabungan untuk melakukan pengamanan lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pengendara kendaraan di Padang Panjang Yondrizal cukup terbantu dengan adanya informasi dari pihak Kepolisian sejumlah daerah yang rawan kemacetan dan kecelakaan.

"Kami akan meningkatkan kewaspdaan jika mengendarai kendaraan melintas di daerah yang sudah dikatakan Polisi itu, mudah-mudahan juga bermanfaat bagi yang lain," jelasnya. (*)