BIM Perkirakan Pergerakan Penumpang Capai 42.000 Orang

id Angkasa Pura II

BIM Perkirakan Pergerakan Penumpang Capai 42.000 Orang

PT Angkasa Pura II Persero. (Antara)

Padangpariaman, (Antara Sumbar) - PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sumatera Barat memperkirakan jumlah pergerakan penumpang selama arus mudik dan balik di bandara itu mencapai 42 ribu orang.

"Total pergerakan pesawat udara di BIM dari 15 Juni sampai 11 Juli 2017 diperkirakan mencapai 2.694 pesawat udara dengan rata-rata penumpang harian 19 ribu hingga 21 ribu orang," kata Human Capital and General Affairs PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau Fendrik di Padangpariaman, Rabu.

Ia merinci dari 2.694 pergerakan pesawat baik yang datang maupun berangkat terdiri atas 1.986 pergerakan reguler dan 708 penerbangan tambahan.

"Untuk puncak kedatangan diperkirakan terjadi pada H-3 dan H-2 atau 22 dan 23 Juni 2017," kata dia.

Menyambut puncak kedatangan mudik pihaknya menyiapkan hiburan musik tradisional Minang yaitu talempong guna menyambut pemudik yang tiba di bandara itu.

"Mulai H-3 atau 22 Juni 2017 sampai H+3 atau 29 Juni 2017 kami menyiapkam hiburan musik talempong di area kedatangan penumpang dan selasar bandara," katanya.

Menurutnya, penyediaan hiburan alat musik talempong merupakan salah satu bentuk pelayanan kepada pemudik yang pada umumnya adalah para perantau Minang yang hendak pulang ke kampung halaman.

Jadi begitu mendarat nuansa Ranah Minang sudah terasa saat mendengar hiburan talempong, ujar dia.

Ia mengatakan para pemain talempong akan membawakan lagu-lagu tradisional Minangkabau untuk mengingatkan kenangan pemudik akan kampung halaman.

Talempong merupakan alat musik pukul tradisional khas Minangkabau yang menyerupai bonang dalam perangkat gamelan.

Pada sisi lain guna memaksimalkan layanan bagi pemudik untuk hari puncak pada H-3 disiapkan personel tambahan dari internal untuk pelayanan, dan tambahan dari TNI dan Polri untuk membantu pengamanan.

Selain itu, mengantisipasi puncak arus mudik, untuk pelayanan parkir kendaraan dan keluar masuk Bandara Internasional Minangkabau mulai mengoperasikan pintu parkir yang telah selesai pengerjaannya dan penggunaan jalan yang telah diperluas.

Sementara Distrik Sales Manager Citilink Padang Sugiarto mengatakan pihaknya menyiapkan penerbangan tambahan untuk rute Jakarta-Padang mulai 16 Juni sampai 2 Juli 2017 dengan jam keberangkatan pada 11.00 WIB.

"Semua pesawat juga telah mengalami pemeriksaan yang lebih baik dan dipastikan laik terbang," ujar dia. (*)