Polisi Antisipasi Peredaran Narkoba Selama Libur Lebaran

id Polisi

Polisi Antisipasi Peredaran Narkoba Selama Libur Lebaran

Ilustrasi - Polisi. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Kota Pariaman, Sumatera Barat berupaya mengantisipasi peredaran narkoba di wilayah itu selama libur lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Kapolres Pariaman AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto di Pariaman, Kamis, mengatakan besarnya arus mudik yang terjadi sangat rentan masuknya berbagai pengaruh dari luar, termasuk tindakan kejahatan dan melawan hukum lainnya.

"Pemudik dan masyarakat lain yang memasuki Kota Pariaman akan ramai maka perlu diwaspadai, karena bisa saja ada upaya penyeludupan narkoba termasuk pengaruh asing lainnya," kata dia.

Upaya penyeludupan narkoba ujar dia, berpotensi besar datang dari luar sehingga dibutuhkan peran serta dari masyarakat dan pemangku kepentingan untuk waspada.

"Peran serta masyarakat dalam hal ini sangat besar, diharapkan bisa memberikan informasi kepada polisi apabila menemukan dan mengetahui tindakan yang melawan hukum," ujarnya.

Apalagi ujarnya, narkoba saat ini menjadi ancaman besar bagi anak bangsa sehingga perlu upaya maksimal dalam memberantasnya. Terkait pengamanan libur lebaran pihaknya menyiagakan 300 personel gabungan.

"Sebanyak 300 personel gabungan tersebut terdiri dari unsur TNI, Dinas Satpol-PP dan Pemadam Kebakaran, dan Dinas Perhubungan," ujarnya.

Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman, meminta seluruh instansi terkait agar saling bersinergi dalam mengamankan dan menyukseskan operasi Ramadniya 2017.

Ia mengimbau kepada masyarakat dan para perantau yang datang ke daerah itu agar merayakan Idul Fitri dengan cara sederhana dan tidak berlebihan. (*)