PLN Upayakan Tidak Ada Pemadaman Listrik Selama Lebaran

id PLN

PLN Upayakan Tidak Ada Pemadaman Listrik Selama Lebaran

Ilustrasi - Perbaikan jaringan. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - PT PLN Rayon Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, akan mengupayakan agar tidak terjadi pemadaman listrik selama lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Untuk menjaga listrik tetap menyala kami akan menyiagakan 14 petugas, mereka bersiaga di kantor pelayanan pada tiap kecamatan dan juga kantor rayon," kata Manajer PLN Rayon Painan, Mulawarman di Painan, Kamis.

Ia menambahkan selain bersiaga di lokasi masing-masing, petugas ini akan bergerak cepat jika terjadi permasalahan yang mengganggu pasokan listrik.

Menurutnya, beberapa upaya untuk meminimalkan gangguan listrik juga telah dilakukan mulai dari pemangkasan pohon-pohon yang berdekatan dengan kabel tegangan tinggi, dan memastikan semua tiang dalam keadaan kokoh.

"Minggu kemarin kami sudah memindahkan satu buah tiang di Kecamatan IV Jurai karena lokasi berdirinya hampir terkikis arus sungai," ujarnya.

Selain itu upaya lain yang dilakukan agar listrik tetap menyala adalah dengan meniadakan pemeliharaan jaringan selama lebaran.

"Kami juga telah mengganti beberapa kabel tegangan tinggi dengan kabel jenis A3 CS atau kabel dengan pembungkus pada beberapa titik sehingga bisa meminimalkan gangguan," katanya.

Anggota DPRD setempat, Ikal Jonedi mendorong PLN untuk meningkatkan pelayanan dengan memastikan tidak ada pemadaman listrik selama lebaran.

Ia menilai kenaikan tarif listrik saat ini harus berbanding lurus dengan pelayanan yang diberikan.

"Tidak hanya pada saat lebaran saja pada hari-hari lain juga harus begitu, sehingga pelanggan PLN tidak kecewa," ujarnya. (*)