Pemerintah Nagari Muaro Sopan Berbuka Bersama Perkuat Kekeluargaan

id Buka puasa

Pemerintah Nagari Muaro Sopan Berbuka Bersama Perkuat Kekeluargaan

Ilustrasi Buka Puasa (Antara)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Nagari (Desa Adat) Muaro Sopan, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menggelar buka bersama seluruh perangkat nagari dalam upaya memupuk solidaritas serta meningkatkan tali silaturahmi, pada Rabu (21/6).

"Acara buka bersama ini dihadiri seluruh perangkat Nagari Muaro Sopan, Anggota Badan Musyawarah Nagari (Bamus), dan seluruh kepala jorong beserta keluarga," kata Wali Nagari Muaro Sopan, Ari di Pulau Punjung, Rabu.

Ia mengharapkan acara buka bersama dapat meningkatkan kenyamanan dalam bekerja dan semangat kerja seluruh perangkat sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik.

"Kegiatan informal seperti ini tidak hanya digelar saat bulan ramadhan saja, ke depannya juga akan diagendakan, seperti maka dan berlibur bersama seluruh perangkat setiap satu kali dalam tiga bulan," ujarnya.

Ia menyampaikan jajaran pemerintah nagari juga diminta untuk meningkatkan disiplin dalam bekerja agar target program nagari dan kegiatan dana desa dapat terlaksana sesuai waktu.

"Pejabat merupakan pemegang amanah yang diberikan oleh masyarakat untuk dilaksanakan sebaik-baiknya, dan juga penanggung jawab setiap program pemerintah nagari," ujarnya.

Terkait program, kata dia, Pemerintah Nagari setempat menargetkan nagari itu menjadi sentra konveksi pada 2019 melalui program pemberdayaan dana desa 2017, kata dia.

"Persiapan itu sudah dimulai tahun ini dengan memberi pembinaan untuk masyarakat, seperti menjahit, bordir, dan sablon," katanya.

Ia menyebutkan pemerintah nagari setempat telah mengalokasikan dana sekitar Rp100 juta yang bersumber dari dana desa untuk program pemberdayaan.

Ia menjelaskan program pemberdayaan itu merupakan upaya menyiapkan SDM yang mampu menciptakan perekonomian kreatif, dengan menjadikan Muaro Sopan sebagai sentra industri konveksi berbagai jenis baju.

"Sekaligus ini akan menjadi ikon nagari Muaro Sopan. Kalau orang bicara nagari Muaro Sopan maka yang akan teringat adalah 'kedai nagari' atau warung desa yang menjual produk pakaian karya anak nagari," tambahnya. (*)