Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Pusat Informasi Turis

id Angkasa Pura II

Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Pusat Informasi Turis

PT Angkasa Pura II Persero. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta menyediakan "Tourist Information Center" (Pusat Informasi Turis) yang merupakan sinergi antara PT Angkasa Pura II, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Perhubungan.

"Terminal 3 nantinya akan melayani seluruh penerbangan internasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sehingga keberadaan TIC (Pusat Informasi Turis) di terminal tersebut berperan penting dalam mempromosikan destinasi wisata di berbagai daerah, selain tentunya juga dapat memberikan kesan yang bagus kepada para wisman sesaat ketika mereka tiba di Indonesia," kata Presdir PT AP II Muhammad Awaluddin dalam siaran pers yang diterima, Jumat.

Menurut dia, keberadaan Tourist Information Center atau yang dikenal dengan TIC itu diharapkan dapat membantu promosi pariwisata di Indonesia sehingga target kunjungan wisatawan tahun ini juga dapat tercapai.

Adapun konten dalam TIC ini adalah berbagai destinasi pariwisata di Indonesia yang disiapkan oleh Kementerian Pariwisata, utamanya terkait dengan branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia.

"Keberadaan TIC juga semakin memperkaya konten digital di Terminal 3 di mana hal ini sejalan dengan komitmen AP II menjadikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai digital airport guna mewujudkan visi

perusahaan sebagaithe best smart connected airport operator in the region," ucapnya.

Untuk itu, ia juga mengutarakan harapannya agar dengan semakin banyak layanan berbasis digital maka juga akan meningkatkan standar pelayanan kepada penumpang pesawat termasuk para wisatawan yang mengunjungi Indonesia.

Menteri Pariwisata Arif Yahya menargetkan TIC di Terminal 3 dapat menjadi semacam tourism supermall dalam artian setelah wisman mendapat informasi mengenai atraksi wisata, transportasi, akomodasi, dan

lain sebagainya maka mereka bisa langsung melakukan reservasi dan pembayaran untuk pengalaman wisata yang lebih baik.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan juga telah menghadirkan bus Jabodetabek Airport (JA) Connexion yang menghubungkan hotel, mal, atau pusat perbelanjaan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam peluncuran Bus JA Connexion di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (30/5), mengatakan kehadiran JA Connexion untuk melayani penumpang di Bandara Soekarno-Hatta yang meningkat setiap hari.

Saat ini, dia menyebutkan jumlah lalu lintas penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 150.000 penumpang per hari. (*)