PLN Jamin Pasokan Listrik Aman Di Sumbar Selama Lebaran

id PLN

PLN Jamin Pasokan Listrik Aman Di Sumbar Selama Lebaran

Ilustrasi ()

Padang, (Antara Sumbar) - General Manager PLN Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) Bambang Yusuf memastikan pasokan listrik hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah aman.

"Karena Sumbar saat ini dalam kondisi surplus 150 Megawatt (MW) dengan beban puncak 566,3 MW, jadi untuk kondisi selama lebaran pasokan listrik cukup dan aman," katanya di Padang, Sabtu.

Menurut dia, selama lebaran rata-rata penggunaan daya listrik masyarakat mengalami penurunan dari pemakaian hari normal, khususnya dipengaruhi sektor perkantoran pemerintah yang libur saat lebaran.

"Selama libur lebaran ini terhitung pemakaian daya listrik hanya sebesar 450 MW, sedangkan pada hari normal daya pengguna listrik mencapai 510 MW," katanya.

Ia menjelaskan untuk menjaga kenyamanan pelanggan selama lebaran, peliharaan yang berdampak pada pemadaman tidak akan dilakukan pada H-7 hingga H+7 lebaran.

"Jika jadwal terencana untuk melakukan pemeliharaan bertepatan pada liburan lebaran kami akan usahakan jadwal tersebut dilaksanakan sebelum atau sesudah hari libur itu, sehingga masyarakat tidak terganggu dengan jadwal tersebut" ujarnya.

Selain itu PLN juga selalu siap siaga dengan menurunkan petugas di kantor layanan disetiap daerah untuk menanggulangi bila terjadi gangguan pada jaringan sekitarnya.

PLN juga menyediakan sarana pengaduan 24 jam kepada pelanggan bila listrik disekitar wilayah mereka terjadi gangguan.

"Karena gangguan listrik tidak bisa bisa diprediksi, bisa saja terjadi disebabkan dengan adanya bencana alam, pohon, dan gangguan lainnya," katanya.

Namun ia memastikan perbaikan akan segera dilakukan, demi kenyamanan pelanggan PLN. (*)