Agam Targetkan 92.615 Wisatawan Saat Libur Lebaran

id Wisatawan

Agam Targetkan 92.615 Wisatawan Saat Libur Lebaran

Ilustrasi. (Antara)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menargetkan 92.615 wisatawan berkunjung ke objek wisata di daerah itu selama libur lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Target ini meningkat sekitar 15 persen dari lebaran 2016 dengan kunjungan mencapai 80.535 orang," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Hadi Suryadi di Lubukbasung, Sabtu.

Ia mengatakan, ke 92.615 wisatawan ini ditargetkan mengunjungi Objek Wisata Muko-muko, Bandar Mutiara, Pantai Tiku, Rizal Beach, Ambun Tanai.

Lalu, Lawang Park, Puncak Lawang, Janjang Koto Gadang, Tarusan Kamang, Ikan Sakti Sungai Janiah, XIII Nan Basa, Sungai Tanang, Lembah Segar, Air Terjun Langkuik Indah, Museum By Hamka, Loebas Wisata dan lainnya.

"Ini merupakan objek wisata andalan yang dimiliki Agam karena memiliki pemandangan yang indah, udara sejuk dan lainnya," katanya.

Untuk mencapai target ini, tambahnya, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam telah memperbaiki objek wisata milik pemerintah seperti, Objek Wisata Muko-muko, Banda Mutiara dan Ambun Tanai.

Selain itu, mengimbau pengelola objek wisata untuk membenahi objek wisata mereka.

Saat ini objek wisata tersebut sudah dibenahi menjelang libur lebaran.

"Kita juga melakukan pembinaan kepada pengelola objek wisata tentang sapta pesona pariwisata Agam dan akan melakukan pengawasan di objek wisata itu," katanya.

Pengawasan mulai dari tarif parkir yang dikenakan petugas, harga makanan oleh pedagang agar tidak terlalu tinggi, tindakan pemalakan, dan pelayanan petugas di objek wisata.

Apabila ada keluhan maka akan ditindaklanjuti ke pengelola objek wisata.

"Kita juga memasang selebaran dan ada nomor pengaduan jika ada keluhan dari pengunjung selama berada di objek wisata bisa menghubungi nomor 081267727344 dan 08126722469," katanya. (*)