Pemkab Pasaman Barat Menyiapkan 16 Bus Lebaran

id Bus

Pemkab Pasaman Barat Menyiapkan 16 Bus Lebaran

Ilustrasi (Antara)

Simpang Empat, (Antara Sumbar)- Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menyediakan 16 bus angkutan untuk mengantisipasi melonjaknya pemudik Lebaran 2017.

"Sebanyak 16 bus kita siapkan di terminal dan Kantor Dinas Perhubungan. Jika pemudik meningkat dan aktivitas meningkat maka bus tersebut bisa digunakan masyarakat," kata Kepala Bidang Keselamatan Transportasi Darat Dinas Perhubungan Pasaman Barat, Irwan Effendry di Simpang Empat, Sabtu (24/6).

Menurutnya hingga H-1 Lebaran arus lalu-lintas sedikit meningkat dibandingkan sebelumnya. Kendaraan didominasi oleh kendaraan roda dua dari arah Kota Padang.

Ia mengatakan, pada umumnya para pemudik pulang kampung menggunakan sepeda motor. Menempuh jalur Manggopoh-Simpang Ampek.

"Kita akan terus pantau arus mudik ini. Kepada pemudik diimbau agar tetap hati-hati dan memakai kelengkapan berkendaraan. Kemungkinan arus mudik akan meningkat pada Sabtu (24/6) malam," ujarnya.

Pihaknya bersama unsur terkait menyediakan tiga titik posko pengamanan dan 10 posko pelayanan untuk perayaan Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Di posko itu nantinya juga bergabung dengan unsur polisi lalu-lintas, Satuan Polisi Pamong Praja, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Polres, Dinas Pekerjaan Umum, Basarnas, PMI dan lainnya.

"Pos ini bertujuan untuk memantau semua kegiatan perayaan Idul Fitri 1438 Hijriyah. Selain itu untuk memantau arus mudik, balik, kemacetan dan mencegah kejahatan selama lebaran," katanya.

Pihaknya sebelumnya juga melakukan tes fisik bagi angkutan lebaran yang ada. Sekitar 30 angkutan diperiksa kelayakannya untuk beroperasi. (*)