PLN Imbau Masyarakat Cek Listrik Sebelum Mudik

id PLN

PLN Imbau Masyarakat Cek Listrik Sebelum Mudik

()

Padang, (Antara Sumbar) - PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat mengimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan listrik rumah sebelum mudik di hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Deputi Manager Hukum dan Humas PLN Wilayah Sumbar, Remialis di Padang, Sabtu mengatakan kewaspadaan dini perlu dilakukan dalam mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan sekaligus mengurangi pemakaian listrik yang berlebihan selama mudik Lebaran.

Ia menjelaskan sebelum meninggalkan rumah, pemudik sebaiknya memeriksa apakah lampu dan peralatan listrik lainnya dalam keadaan padam atau tidak teraliri listrik.

"Barang elektronik kalau memang tidak digunakan, sebaiknya dimatikan," katanya.

Ia menambahkan, kalau tetap menyala, selain riskan dari segi keamanan juga biaya yang harus dibayar konsumen.

"Ditakutkan jika peralatan elektronik atau lampu yang tidak digunakan ini menyala terus menerus selama berhari-hari tagihan listrik membengkak karena banyak ," katanya.

Selain itu, ia mengatakan pastikan mengisi token listrik pintar (prabayar) sebelum melakukan perjalanan mudik.

Namun untuk pelanggan pascabayar yang hendak mudik supaya membayar listrik tepat waktu atau sebelum tanggal 20 untuk menghindari pemutusan.

Masyarakat yang pembayarannya melewati tanggal tersebut dapat dikenakan denda, atau bahkan pemutusan kalau memenuhi persyaratan tertentu, ujarnya.