Wabup Solok Selatan: Rayakan Lebaran dengan Sederhana

id Abdul Rahman

Wabup Solok Selatan: Rayakan Lebaran dengan Sederhana

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman. (Antara)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Abdul Rahman mengimbau masyarakat untuk merayakan Idul Fitri 1438 Hijriah dengan sederhana, dan jangan berlebih-lebihan karena dapat merusak nilai-nilai kefitrahan yang terkandung di dalamnya.

"Jangan melakukan kegiatan yang kontradiktif dengan Idul Fitri, tatapi isilah sesuai kaedah yang terkandung dalam nilai kefitrahan itu dengan saling maaf memaafkan," kata dia usai pelaksanaan shalat Idul Fitri di halaman Kantor Bupati Solok Selatan, di Padang Aro, Minggu.

Dalam merayakan lebaran ini, orang tua dan tokoh masyarakat supaya memperhatikan anak-anak remaja agar perayaan idul fitri tidak ada permasalahan serta berjalan aman dan kondusif.

"Bila perayaan Idul Fitri dilaksanakan sesuai nilai kefitrahan maka suasana lebaran ini akan aman dan kondusif," ujarnya.

Ia mengajak agar dalam perayaan Idul Fitri tahun ini jadi momentum untuk mewujudkan masyarakat Solok Selatan yang religius sesuai visi misi kepala daerah.

Setelah hari raya Idul Fitri ini nilai-nilai Ramadhan harus tetap terjaga dan tetap diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti kesabaran, kesetiakawanan maupun kedermawanan.

Masyarakat selepas Ramadhan harus tetap menjaga keimanan serta selalu shalat berjamaah di masjid.

Selain itu kata dia, momentum idul fitri juga untuk mewujudkan masyarakat yang qurani atau dekat dengan Al Quran.

"Masyarakat yang dekat dengan Al Quran akan menjadikannya sahabat, membacanya setiap hari serta mengimplementasikan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Solok Selatan, Syahrul M mengatakan kegiatan Idul Fitri harus diikuti dengan kegiatan keislaman yaitu dengan bermaaf-maafan dengan sesama.

"Walaupun ada yang mengunjungi objek wisata, lakukan dengan tidak meninggalkan keislaman sehingga nilai Idul Fitri tetap terjaga," kata dia.

Shalat Idul Fitri di halaman kantor bupati Solok Selatan tampil sebagai penceramah Wakil Rektor IAIN Imam Bonjol Padang Prof Arpendra dan imam shalat Syamsuri.

Pelaksanaan shalat idul fitri itu dihadiri oleh Kepala Organisasj Perangkat Daerah serta warga sekitar. (*)