Kantor Gubernur Sumbar Dipenuhi Jamaah Sholat Id

id Sholat Id Kantor Gubernur

Kantor Gubernur Sumbar Dipenuhi Jamaah Sholat Id

Sekitar 15 ribu masyarakat Sumatera Barat melaksanakan Sholat Idul Fitri di halaman kantor gubernur Sumbar, Minggu (25/6). Sholat Id tersebut ikut dihadiri gubernur dan wakil serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. (Antara Sumbar/Miko Elfisha)

Padang, (Antara Sumbar) - Belasan ribu jemaah warga Kota Padang, Sumatera Barat melaksanakan Sholat Idul Fitri 1438 Hijriah di halaman kantor gubernur di Padang, Minggu.

"Kita sudah prediksi ini sejak awal dan persiapan sudah dilakukan," kata ketua panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Ali Asmar di Padang.

Warga yang datang tidak hanya dari Sumbar, tetapi juga perantau yang pulang kampung saat lebaran.

Jamaah pria diarahkan untuk memenuhi halaman kantor gubernur sementara jamaah perempuan di jalan Sudirman hingga ke halaman gubernuran yang berada di seberang jalan.

Membludaknya jamaah membuat karpet dan alas sholat yang disediakan panitia tidak mencukupi hingga sebagian jamaah menggunakan alas seadanya seperti koran.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan berharap perantau juga berperan dalam pembangunan daerah.

"Pembangunan daerah tidak lepas dari peran masyarakat, termasuk perantau. Karena itu mari kita bangun Sumbar bersama-sama," ujarnya.

Khatib yang merupakan Direktur Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Prof dr Edi Syafri menyatakankan saat ini moral menjadi salah satu persoalan bangsa.

Buktinya hampir setiap hari media massa memberitakan kejahatan mulai dari yang kecil seperti pencurian, kejahatan seksual hingga korupsi.

Menurut dia persoalan itu hanya bisa diselesaikan dengan kembali pada ajaran agama yang benar.

"Kembali pada tuntunan hidup, Alquran dan hadist," kata dia.

Salah seorang jamaah, Anton (37) menyebutkan kurangnya petugas yang membantu masyarakat untuk memarkir kendaraan juga harus menjadi bahan evaluasi panitia.

"Ribuan orang yang datang agak kesulitan dalam hal parkir ini. Mungkin ke depan ada solusi yang lebih baik," kata dia.

Selain pelaksanaan Sholat Id di kantor gubernur, pada masing-masing kelurahan di Sumbar juga melakukan Sholat Id. (*)