Muslim Indonesia Shalat Ied di Stadion Meksiko

id Shalat Id, WNI Mexico, Dubes Yusra Khan

Muslim Indonesia Shalat Ied di Stadion Meksiko

Warga melaksanakan Salat Idulfitri, di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Sumatera Barat, Minggu (25/6). Ribuan warga Padang mengikuti pelaksanaan Salat Idulfitri 1438 Hijriyah yang dipusatkan di Lapangan Imam Bonjol. ( ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp/17)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Duta Besar RI untuk Meksiko, Yusra Khan bersama warga Muslim Indonesia melaksanakan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah di Deportivo Plan Sexenal, stadion olah raga yang setiap tahun dipergunnakan pelaksanaan shalat Ied di Meksiko.

Dubes Yusra Khan sekaligus menyambut kehadiran masyarakat Indonesia untuk berhalal bi halal di Wisma Duta, kata Pensosbud KBRI Meksiko, Febby Fahrani kepada Antara di Jakarta, Senin.

Setelah berpuasa Ramadhan selama 30 hari dengan durasi puasa rata-rata 15 jam per harinya, lebaran bersama adalah saat yang ditunggu-tunggu.

Tidak heran bila tidak hanya masyarakat Indonesia di Mexico City dan sekitarnya yang berlebaran bersama di Wisma Duta, namun juga yang tinggal di luar kota hadir bersilaturahim. Salah satunya seorang warga yang menetap sekitar 270 km dari ibukota Meksiko turut hadir bersilaturahim.

Acara halal bi halal juga dihadiri korps diplomatik, diantaranya para Dubes dari perwakilan negara sahabat.

Tampak hadir Dubes dari Uni Eropa, Qatar, Libya, Aljazair, Jamaica, Malaysia, Uruguay, Thailand, Yordania, Arab Saudi, Pakistan, Viet Nam, Bangladesh, Filipina, Korea Selatan, Palestina, dan Charge d'Affaires Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Kebersamaan masyarakat Indonesia, warga Meksiko dan masyarakat internasional untuk merayakan Idul Fitri telah menumbuhkan pemahaman mengenai Islam yang penuh damai dan rahmatan lil 'alamin di Indonesia dan telah memperkenalkan tradisi hari raya Indonesia yang unik dengan keragaman kuliner khas.

Dalam perayaan Idul Fitri, tradisi ketupat Lebaran dan beragam hidangan asli Indonesia tersaji di Wisma. Di antaranya rendang, opor ayam, tongseng kambing, lontong sayur, somai dan mie bakso.

Spesial di perayaan tahun ini yaitu suguhan Asinan Betawi, menu khusus lebaran tahun ini, yang diminati dan mendapatkan pujian dari tamu undangan.

Asinan Betawi ini sangat menyegarkan, ujar Antonio Lopez Bravo, peserta kelas Bahasa Indonesia yang hadir untuk mengenal perayaan Idul Fitri ala Indonesia. (*)