Jasa Penyewaan Alat Selam Meningkat Selama Lebaran

id Alatselam

Jasa Penyewaan Alat Selam Meningkat Selama Lebaran

Pengunjung Pulau Angso Duo sedang memilih alat selam.(Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar).

Pariaman, (Antara Sumbar) - Jasa penyewaan alat selam meningkat drastis selama libur lebaran di Pulau Angso Duo Kota Pariaman Sumatera Barat.

"Penyewaan alat selam mengalami peningkatan, terutama para wisatawan yang datang dari luar daerah," kata Anton (33) salah seorang penyedia jasa alat selam, di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan untuk satu paket alat selam dihargai Rp50 ribu dengan rincian pelampung, masker, sepatu dan fin atau kaki katak.

Peningkatan tersebut ujar dia, bisa mencapai hingga 30 paket per harinya. Pada umumnya ujar dia, para penyewa datang dari daerah Bandung, Medan, Palembang, Riau bahkan ada yang datang dari luar negeri.

"Pada hari kedua dan ketiga libur lebaran para turis dari Jerman dan Malaysia juga menyewa alat selam di sini," ujar dia.

Ia menilai tingginya permintaan para wisatawan dikarenakan wisata bahari daerah itu yang cukup eksotis sehingga memicu para wisatawan untuk menikmati wisata bawah laut.

Namun kata dia, jika dibandingkan libur lebaran 2016, jasa penyediaan alat selam mengalami penurunan peminat. Pada libur lebaran 2016 ujarnya, jasa penyediaan alat selam bisa mencapai 60 paket per harinya. Namun pada hari biasanya hanya berkisar 10 paket yang disewa pengunjung.

Terkait ketertiban pengunjung, pihaknya meminta agar pemerintah daerah lebih tegas dan tertib dalam memanajemen wisatawan.

"Kita berharap pemerintah daerah selalu mengontrol masyarakat di sekitar objek wisata agar lebih ramah tamah dalam melayani wisatawan," ujarnya.

Sementara itu Nurul (20) salah seorang wisatawan asal Palembang mengaku cukup puas dengan pelayanan dan penyediaan alam selam di Pulau Angso Duo.

Namun pihaknya berharap kedepan penyedia jasa alat selam juga menyediakan kamera bawah laut untuk mendukung pariwisata daerah itu. (*)