Anggota DPR: Kunjungan Obama Lejitkan Pariwisata Indonesia

id Sutan Adil Hendra

Anggota DPR: Kunjungan Obama Lejitkan Pariwisata Indonesia

Wakil Ketua Komisi X DPR, Sutan Adil Hendra. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra menyatakan, kunjungan mantan Presiden AS Barack Obama bersama anggota keluarganya telah melejitkan citra pariwisata Indonesia di mata dunia.

"Sejak liburan Obama ke Bali dan Yogya, trafik pencarian Google tentang daerah tersebut mengalami peningkatan luar biasa," kata Sutan Adil Hendra di Jakarta, Kamis.

Menurut politikus Partai Gerindra itu, momentum tersebut seharusnya juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk mempromosikan pariwisata nusantara di jagat mancanegara.

Dengan demikian, lanjutnya, maka target pemerintah yaitu 20 juta wisatawan pada tahun 2019 bisa terwujud dan juga hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian nasional di Tanah Air.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dapat membangkitkan sektor pariwisata Indonesia di mata dunia.

"Harapan saya, kedatangan Obama bukan hanya sekedar kedatangan, tetapi setelah ini juga membangkitkan pariwisata Indonesia," kata Menhub di Jakarta, Sabtu (1/7).

Apalagi, selama berlibur di Tanah Air, Presiden AS ke-44 bersama keluarganya banyak mendatangi tempat-tempat wisata Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta asosiasi biro perjalanan wisata yang tergabung dalam ASITA atau "online travel agent" (OTA) untuk mulai merancang paket wisata napak tilas Obama.

Arief mengatakan paket wisata tersebut bisa berisi perjalanan mengunjungi tempat-tempat istimewa yang pernah didatangi Barack Obama selama berlibur di Indonesia.

Pemerintah Provinsi Bali juga mengharapkan adanya peningkatan kunjungan wisatawan Amerika sebagai imbas kedatangan Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama, beberapa waktu lalu ke Pulau Dewata.

"Kalau seorang tokoh dunia, dia bepergian maupun berlibur ke daerah kita, ini merupakan promosi Bali secara gratis ke dunia internasional," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Anak Agung Yuniartha Putra, di Denpasar, Rabu (5/7).

Oleh karena itu, pihaknya meyakini setelah kunjungan Barack Obama untuk berlibur ke Bali itu, akan semakin menarik wisatawan dari Negeri Adidaya itu untuk turut serta berwisata ke Pulau Dewata. (*)