Wapres Apresiasi Universitas Baiturrahmah Ciptakan Akademisi Religius

id Jusuf Kalla, Wapres, Baiturrahman

Wapres Apresiasi Universitas Baiturrahmah Ciptakan Akademisi Religius

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (ANTARA)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi langkah Universitas Baiturrahmah, Kota Padang dalam menciptakan akademisi religius dengan membangun masjid megah di lingkungan kampus.

"Universitas memberikan kita ilmu pengetahuan untuk dunia sedangkan ilmu agama memberikan kita keselamatan untuk akhirat, kita harus mengoptimalkan keduanya," katanya saat memberikan arahan dalam peresmian Masjid Baitrurrahmah di Padang, Sabtu.

Menurutnya, pembangunan masjid di kawasan Kampus Baiturrahmah ini merupakan sebuah niat dan harapan yang bagus menciptakan akademisi yang memiliki pemahaman agama yang kuat.

"Keimanan dan keilmuan hendaknya harus berjalan beriringan agar menciptakan karena ilmu yang baik harus berlandaskan dengan ilmu agama yang kuat," ujarnya.

Ia mengatakan pendidikan merupakan modal paling penting untuk mencapai kemajuan, apalagi saat ini ilmu berkembang dengan cepat.

"Sudah seharusnya lembaga pendidikan dan akademisi selalu memperbarui ilmu mereka," tambahnya.

Sementara Rektor Universitas Baiturrahmah Musliar Kasim mengatakan pihaknya ingin menciptakan generasi muda atau lulusan yang memiliki pemahaman agama yang kuat.

Salah satu caranya adalah dengan membangun masjid ini karena kapasitas masjid yang lama sudah tidak mencukupi sehingga perlu dibangun masjid baru.

"Kita berharap lulusan Baiturrahmah ini menjadi orang-orang yang memiliki akhlak yang baik dengan arahan yang kita berikan selama perkuliahan," ujar dia.

Selain itu, Musliar mengatakan setiap mahasiswa akan diberikan mata kuliah agama sebanyak enam satuan kredit semester (SKS) lebih banyak daripada universitas lain.

"Sementara di universitas lain mata kuliah pendidikan agama ini hanya diberikan sebanyak dua SKS saja," ujarnya. (*)