Minggu, 24 September 2017 - 4 Muharram 1439 H

Komunitas TDC Pariaman Tanam 1.500 Terumbu Karang

Terumbu karang. (Antara)
Pariaman, (Antara Sumbar) - Komunitas Tabuik Diving Club (TDC) Kota Pariaman Sumatera Barat akan menanam sebanyak 1.500 bibit terumbu karang di sekitar perairan daerah itu.

"Penanaman ribuan bibit terumbu tersebut merupakan hasil kerja sama dengan pihak Pertamina yang membantu menyelamatkan lingkungan hidup melalui dana Corporate Social Responsibility," kata Ketua TDC Kota Pariaman Aksa Prawira di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan saat ini pihaknya telah menyiapkan media substrat sebanyak 1500 unit yang terbuat dari komponen besi, semen dan pasir.

Ribuan bibit terumbu karang tersebut ujar dia, akan ditanam di dasar laut dengan kedalaman tujuh meter berbentuk terowongan.

"Konsep taman laut yang direncanakan seperti sebuah terowongan berbentuk huruf U. Terowongan itu akan berfungsi menyelamatkan ekosistem laut seperti tempat ikan bertelur," ujar dia.

Ia menyebutkan untuk menanam ribuan bibit terumbu karang, komunitas pecinta alam bawah laut tersebut memperolehnya dari alam dan hasil transplantasi.

Untuk lokasi penanaman dan pembentukan taman laut tersebut, pihaknya merencanakan di sekitar Pulau Ujuang. Namun kata dia, lokasi tersebut belum bisa dipastikan karena kondisi geografis bawah laut yang memiliki kemiringan sekitar 20 derajat.

"Kita akan upayakan penanaman di tempat yang lebih potensial, namun jika tidak ada pilihan maka dipusatkan pada lokasi tersebut," ujar dia.

Selain adanya bantuan oleh pihak pertamina, pihaknya mengaku pada 2016 juga telah melakukan penanaman bibit terumbu karang kurang lebih sebanyak 10.000 yang tersebar di beberapa titik.

Sebelumnya Perseroan Terbatas (PT) Pertamina Marketing Operation Region I melalui program "Corporate Social Responsibility" melaksanakan program pendampingan dan pelestarian penyu di Pariaman.

"Melanjutkan program sebelumnya kami memberikan bantuan berupa infrastruktur atap area penetasan dan pembibitan 5.000 ekor tukik dengan total nilai bantuan sebesar Rp103,2 juta," kata Operation Head Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau, Ridwan.

Ia mengatakan Pertamina memiliki kepedulian di bidang lingkungan hingga menjadikan isu lingkungan sebagai salah satu pilar utama program CSR, kata dia. (*)


Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga