Minggu, 24 September 2017 - 4 Muharram 1439 H

Pemkot Padang Segera Operasikan Kendaraan Penyapu Jalan

Kendaraan penyapu jalan milik Pemkot Padang. (Humas pemkot Padang)
Padang, (Antara Sumbar) - Mobil penyapu jalan protokol Kota Padang, Sumatera Barat yang dipilih pemkot setempat sebagai salah satu cara efektif dalam membersihkan kota akan segera beroperasi dalam waktu dekat.

"Mobil penyapu itu telah datang dari Kamis kemarin, namun belum bisa langsung dioperasikan karena harus menunggu serah terima bersama pihak yang bersangkutan yang rencanakan dalam waktu dekat ini," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Al Amin di Padang, Minggu.

Ia mengatakan untuk mengoptimalkan pengoperasian mobil penyapu jalan tersebut pihaknya saat ini mengadakan seleksi terhadap 19 orang pegawainya untuk mendapatkan delapan petugas yang nantinya bertugas menjalankan mobil tersebut.

"Nantinya sistem pengoperasian mobil dilakukan dua sesi yakni dari jam 24:00 WIB - 03:00 WIB dengan dua petugas, selanjutnya dari pukul 03:00 WIB - 06:00 WIB juga diisi dengan dua petugas," katanya.

Menurut dia, pemerintahan setempat memilih untuk menggunakan mobil penyapu jalan ini untuk menghemat tenaga dan juga waktu yang diperlukan dalam membersihkan jalan protokol di kota setempat.

Ia menambahkan dengan mobil ini juga bisa menurunkan tingkat kecelakaan di jalan yang dialami petugas kebersihan dalam membersihkan jalan.

"Selama ini jika diamati petugas kebersihan sering kali telat untuk membersihkan jalan, sehingga aktivitas kendaraan telah ramai petugas masih menyapu di jalan," ujarnya.

Sedangkan untuk petugas kebersihan yang biasanya membersihkan jalan protokol tersebut akan dipindahkan untuk membersihkan ke ruas jalan yang tidak dilalui mobil itu.

"Sebanyak 34 petugas kebersihan akan dipindahkan ke sejumlah ruas jalan seperti Jalan Siteba, Gunung Pangilun, dan jalan kota lainnya," katanya. (*)




Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga