Politeknik Padang Terima 307 Mahasiswa Jalur UN

id Politeknik Negeri Padang

Politeknik Padang Terima 307 Mahasiswa Jalur UN

Kepala Bagian Kemahasiswaan Politeknik Negeri Padang (PNP), Maidar. (Dokumen pribadi)

Padang, (Antara Sumbar) - Politeknik Negeri Padang (PNP) Sumatera Barat menerima sebanyak 307 mahasiswa baru melalui jalur seleksi nilai Ujian Nasional (UN).

"Melalui jalur UN ini PNP menerima 205 mahasiswa bidang rekayasa, dan tata niaga 102 orang," kata Kepala Bagian Mahasiswa PNP, Maidar di Padang, Jumat.

Ia mengatakan jalur UN yang dibuka oleh PNP ini merupakan kebijakan dari masing-masing perguruan tinggi, sehingga kebijakan tersebut dapat menjadi jalan lain bagi calon mahasiswa yang tidak lulus di ujian tulis maupun PMDK.

"Dari jalur ini kami menerima lebih kurang 26 persen dari daya tampung PNP," ujarnya.

Pada tahun ajaran 2017, politeknik menerima mahasiswa baru lebih kurang 1.324 orang yang terdiri atas 19 program studi ditambah kelas kerjasama PT PLN dengan Program Studi Teknik Listrik melalui berbagai jalur selesksi, salah satunya jalur nilai UN.

Sebelumnya, PNP telah menerima 50 orang kelas kerja sama PLN dan Program Studi Teknik Listrik, 249 mahasiswa seleksi PMDK-PN dan 187 lainnya melalui penerimaan bidikmisi, dan 534 mahasiswa melalui jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN).

"Ada banyak jalur yang disediakan untuk masuk politeknik," jelasnya.

Salah seorang mahasiswi tingkat akhir PNP Jurusan Teknik Sipil, Widia Putri (21) mengatakan jalur masuk PNP melalui seleksi nilai UN ini sangat bermanfaat.

"Meskipun saya bukan masuk melalui jalur itu, namun ada banyak teman saya yang merasa beruntung dengan adanya seleksi jalur UN ini," kata mahasiswi asal Pangkalan Kerinci, Riau itu.

Ia berharap, adik-adik mahasiswa baru yang akan melanjutkan pendidikan di PNP dapat menyerap ilmu yang diberikan dengan baik karena di sini pelajaran yang diberikan 70 persen praktek dan 30 persen teori. (*)