PAN Pariaman Buka Pendaftaran Bakal Calon Peserta Pilkada

id Pilkada, pariaman, PAN

Pariaman, (Antara Sumbar) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional Kota Pariaman, Sumatera Barat, mulai membuka pendaftaran bakal calon peserta pemilihan kepala daerah.

"Ini berdasarkan instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN dan dibuka hingga 4 Agustus 2017," kata Ketua DPD PAN Kota Pariaman, Priyaldi di Pariaman, Jumat.

Ia menjelaskan mekanisme penjaringan calon kepala daerah di tingkat partai tersebut telah sesuai dengan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN Nomor 1 tahun 2015 bahwa DPD memiliki kewenangan menjaring bakal calon kepala daerah untuk kemudian diusulkan ke DPP dan ditetapkan sebagai bakal calon.

"Kewenangan di DPD ialah memverifikasi bakal calon yang layak memimpin di Kota Pariaman," katanya.

Calon yang layak, katanya, harus memenuhi syarat secara hukum berdasarkan perundang-undangan, serta memiliki visi dan misi yang sama dengan PAN.

Ia mengatakan, kriteria dari PAN dalam menentukan calon kepala daerah ialah orang yang mampu memperjuangkan kepentingan masyarakat, serta memiliki visi membangun Pariaman yang tidak hanya sebatas upaya membangun partai asal calon.

"PAN itu milik semua masyarakat Pariaman, jadi calon pemimpin daerah hendaknya tidak hanya memperjuangkan PAN atau partai ia berasal, melainkan kepentingan daerah," ujarnya.

Sehingga PAN nantinya, sebutnya tidak menutup kemungkinan untuk mengusung kader atau pun non kader asalkan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

"Kami memang belum lakukan survei, namun ini telah didasarkan pengamatan di internal partai beberapa waktu lalu," katanya.

Selain itu, ia menambahkan PAN selanjutnya akan berkoalisi dengan sejumlah partai lain sebab PAN hanya memiliki dua kursi di daerah saat ini.

Ia mengaku PAN telah melakukan komunikasi dengan partai lain di antaranya PBB, Hanura, Nasdem, Golkar dan PPP.

Secara umum, katanya terdapat tiga nama yang telah mengambil formulir pendaftaran kepala daerah di PAN yakni Bahrul Anif sebagai calon wakil wali kota, Mardison Mahyuddin dengan dua formulir sebagai calon wakil wali kota dan wali kota dan Genius Umar sebagai calon wali kota.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, yang telah mengambil formulir pendaftaran tersebut, mengatakan pilihannya terhadap PAN disebabkan partai politik itu tidak gaduh, tenang, santun serta dianggap paham putra-putri terbaik daerah yang akan dicalonkan.

Ia menilai PAN selalu mengedepankan kepentingan masyarakat dan sumber daya manusia untuk membangun dan memajukan Pariaman. (*)