2.348 Mahasiswa SMMPTN Unand Verifikasi Data

id Unand

2.348 Mahasiswa SMMPTN Unand Verifikasi Data

Gerbang Kampus Unand (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 2.348 orang mahasiswa baru dari Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) 2017 Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat melakukan verifikasi atau pengecekan data 24 hingga 25 Juli 2017.

"Verifikasi data ini penting untuk memastikan jumlah mahasiswa yang masuk ke Unand melalui jalur tersebut," kata Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unand Syafwardi di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan 2.348 mahasiswa itu terdiri atas 1.916 mahasiswa baru strata satu dan 432 mahasiswa diploma III Unand.

Verifikasi data ini dilakukan untuk memeriksa kesamaan dokumen dengan hasil pendaftaran secara dalam jaringan.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pemberian data palsu oleh mahasiswa yang menyebabkan kegagalan masuk.

"Sebelum SMMPTN, mahasiswa baru lain dari SBMPTN dan SNMPTN telah menyelesaikan verifikasi data yang jumlahnya kurang lebih empat ribu orang," ujar dia.

Sama seperti mahasiswa baru jalur lainnya, usai verifikasi data dan tes kesehatan, mahasiswa akan mengikuti awal orientasi yakni wawasan kebangsaan dan pelatihan karakter andalasian pada 26 hingga 29 Juli 2017.

Tepat pada tanggal 1 Agustus 2017 akan dilaksanakan Bimbingan Aktivitas Kreativitas Mahasiswa dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) atau orientasi sebelum masuk kuliah.

Selain mahasiswa strata satu dan diploma, sebutnya kegiatan ini juga diikuti mahasiswa baru Pascasarjana.

"BAKTI menjadi penutupan rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru Unand tahun ini," kata dia.

Sementara itu salah satu orang tua mahasiswa baru Dwita (45) berharap verifikasi data mahasiswa ini bisa berlangsung sesuai prosedur dan tidak ada hambatan.

Terutama kata dia berkaitan dengan pengecekan secara dalam jaringan yang mengganggu akibatnya ada keterlambatan pemasukan data. (*)