SD Bustanul Ulum Padang Raih Adiwiyata Mandiri 2017

id Adiwiyata Mandiri

SD Bustanul Ulum Padang Raih Adiwiyata Mandiri 2017

SD Bustanul Ulum

Padang, (Antara Sumbar) - SD Bustanul Ulum Padang, Sumatera Barat berhasil meraih penghargaan sekolah Adiwiyata Mandiri atau sekolah peduli lingkungan tahun 2017 tingkat nasional yang akan diserahkan di Jakarta, pada 2 Agustus 2017.

"Alhamdulillah kami mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri tahun 2017 kepastian penghargaan diketahui dari surat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia tertanggal 21 Juli 2017 yang diterima hari ini," kata Kepala SD Bustanul Ulum, Bustami di Padang Selasa.

Bustami mengatakan keberhasilan SD Bustanul Ulum meraih Adiwiyata Mandiri tersebut merupakan hasil perjuangan, kerja keras seluruh jajarannya, dan tak terlepas dari dukungan PT Semen Padang, dan Yayasan Igasar.

SD Bustanul Ulum sebelumnya telah meraih penghargaan Adiwiyata tingkat kota Padang pada 2013, kemudian Adiwiyata Provinsi pada November 2014, dan sekolah Adiwiyata Nasional pada 2015.

"Dengan beberapa penghargaan itu, maka kami melakukan persiapan untuk penilaian sekolah Adiwiyata Mandiri," jelasnya.

Ia mengatakan berbagai program dilakukan SD Bustanul Ulum untuk meraih Adiwiyata Mandiri, seperti persiapan fisik dan pembinaan terhadap 12 sekolah Adiwiyata.

"Persiapan fisik berupa kelengkapan taman dan hal-hal yang mendukung untuk sekolah Adiwiyata, serta dilanjutkan dengan pengisian beberapa aplikasi penilaian yang berjumlah sebanyak 120 aplikasi," lanjut dia.

"Salah satu di antara aplikasi itu yakni pembuatan taman sekolah yang melibatkan masyarakat sekitar sekolah," katanya.

Tim penilai dalam hal ini terdiri dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dinas Lingkungan Hidup provinsi dan tingkat kota sebanyak satu orang pada 21 Mei 2017.

Pada tahun ini, sepuluh sekolah di Sumatera Barat berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri, di antaranya, SMPN 2 Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, SDN 10 Pauh Kabupaten Pasaman, SMPN 2 Gunung Talang, Kabupaten Solok, SD Bustanul Ulum Semen Padang, Kota Padang.

Ia berharap dengan adanya penghargaan ini semakin memotivasi siswa dan warga sekolah untuk lebih mempertahankan budaya kebersihan di sekolah, lebih peduli lagi dengan kebersihan sekolah.

"Mempertahankan itu lebih sulit daripada mendapatkannya dan yang terpenting kebersihan sekolah tetap nomor satu," katanya.

SD Bustanul Ulum terletak di Batu Busuk, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat berdiri pada tahun 1980, merupakan sekolah gratis untuk anak-anak kurang mampu yang dibiayai sepenuhnya PT Semen Padang.

Sekolah ini berdiri atas kepedulian Semen Padang terhadap pendidikan anak nagari di kaki bukit yang berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Padang.

Awalnya, SD Bustanul Ulum merupakan sebuah pondok pesantren Bustanul Ulum yang dinaungi PT Semen Padang. Namun dikarenakan peminat yang minim terhadap pesantren, maka dialihfungsikan menjadi sekolah dasar. (*)