Capai Swasembada Pangan, Keltan Solok Selatan Peroleh Bantuan Alsintan

id Swasembada Pangan

Capai Swasembada Pangan, Keltan Solok Selatan Peroleh Bantuan Alsintan

(ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Anggota DPR RI Komisi IV, Hermanto menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa 25 traktor tangan kepada kelompok tani di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Rabu.

Hermanto saat penyerahkan bantuan traktor tangan di Padang Aro, menyebutkan bahwa penyaluran bantuan itu tak terlepas dari keseriusan Presiden RI Joko Widodo dalam menggalakkan program swasembada pangan.

"Pemberian bantuan ini selain bertujuan untuk meningkatkan produksi juga merupakan pemenuhan janji berjamaah. Janji saya, Pemda Solok Selatan dan wakil rakyat di Solok Selatan," ujarnya.

Ia menyebutkan swasembada pangan itu artinya produksi pangan melebihi kebutuhan pokok pangan secara nasional. Sementara, sektor pertanian yang menjadi penopang utama perekonomian di Kabupaten Solok Selatan sehingga perlu terus mendapatkan perhatian serius dari pemda setempat.

Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan, Tri Handoyo Gunardi menyebutkan selain 25 unit traktor tangan, bantuan yang akan menyusul diserahkan berupa enam unit corn seller atau mesin pemipil jagung, tiga unit transplanter, dua unit combine harvester.

Kemudian tiga unit pompa air dan dua unit UPPO untuk pengolahan pupuk organik.

Bantuan tersebut, imbuhnya akan disalurkan kepada 25 kelompok tani yang tersebar di tujuh kecamatan di daerah itu.

Pihaknya berharap supaya kelompok tani dapat memanfaatkan bantuan tersebut sesuai fungsinya.

Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman mengatakan upaya mensejahterkan masyarakat Solok Selatan berarti sama dengan mensejahterkan petani.

Hal ini,katanya, karena mayoritas masyarakat di Solok Selatan berprofesi sebagai petani.

"Sekitar 80 persen masyarakat Solok Selatan merupakan petani, mensejahterakan mereka sudah termaktub dalam visi misi Pemda Solok Selatan yang Sejahtera dan Religius," ujarnya. (*)